Kompas.com - 13/06/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Para peneliti di seluruh dunia saat ini tengah mengembangkan lebih dari 135 varian vaksin yang akan digunakan untuk mengatasi virus corona.

Vaksin biasanya membutuhkan penelitian dan pengujian selama bertahun-tahun sebelum bisa dimanfaatkan secara luas, tetapi para ilmuwan berlomba untuk menghasilkan vaksin yang aman dan efektif pada tahun depan.

Pengembangan vaksin dimulai pada bulan Januari dengan menguraikan genom SARS-CoV-2, nama resmi virus corona penyebab Covid-19.

Dilansir dari The New York Times, ada lebih dari 125 calon vaksin yang menjalani penelitian tahap praklinis. Kemudian masing-masing ada 7 calon vaksin di tahap I dan tahap II, sementara ada 2 calon vaksin di tahap III. 

Baca juga: 3 Upaya Pengembangan Vaksin Virus Corona di Indonesia

Tahap pengujian vaksin

Pengujian vaksin Praklinis yaitu para ilmuwan memberikan vaksin kepada hewan seperti tikus atau monyet untuk melihat apakah vaksin menghasilkan respons kekebalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara pengujian Tahap I yaitu saat para ilmuwan memberikan vaksin kepada sejumlah kecil orang untuk menguji keamanan dan dosis serta untuk memastikan bahwa calon vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan pengujian Tahap II adalah ketika para ilmuwan memberikan vaksin kepada ratusan orang yang dipecah menjadi kelompok-kelompok, seperti anak-anak dan orang tua, untuk melihat apakah vaksin bertindak berbeda di dalamnya.

Uji coba ini selanjutnya menguji keamanan vaksin dan kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Adapun Tahap III yaitu saat para ilmuwan memberikan vaksin kepada ribuan orang dan menunggu untuk melihat berapa banyak yang terinfeksi, dibandingkan dengan sukarelawan yang menerima plasebo. Uji coba ini dapat menentukan apakah vaksin melindungi terhadap virus corona.

Di luar tahapan itu ada Fase Gabungan, yaitu cara lain untuk mempercepat pengembangan vaksin dengan menggabungkan fase. Beberapa vaksin coronavirus sekarang dalam uji coba Fase I / II, misalnya, di mana mereka diuji untuk pertama kalinya pada ratusan orang.

Selanjutnya adalah persetujuan, yaitu regulator di setiap negara meninjau hasil uji coba dan memutuskan apakah akan menyetujui vaksin atau tidak. Selama pandemi, vaksin dapat menerima otorisasi penggunaan darurat sebelum mendapatkan persetujuan resmi.

Baca juga: Update Vaksin Corona: Ada 39 Proyek Penelitian, 11 Sudah Dites pada Manusia

Kandidat calon vaksin

Berikut adalah semua jenis vaksin yang telah mencapai uji coba pada manusia, bersama dengan pilihan vaksin yang menjanjikan yang masih diuji dalam sel atau hewan.

Vaksin Genetik

Vaksin yang menggunakan satu atau lebih dari gen virus corona sendiri untuk memicu respons kekebalan.

1. Vaksin mRNA Moderna sempat membuat saham perusahaan melonjak pada bulan Mei dengan hasil data Tahap I pada hanya delapan orang.

Tetapi harga sahamnya turun ketika para ahli bereaksi biasa terhadap hasil pengujiannya.

Sebagai bagian dari Operation Warp Speed, perusahaan Amerika ini sedang mengincar uji coba Tahap III pada bulan Juli dan berharap dapat menyiapkan vaksin pada awal 2021.

2. Perusahaan Jerman, BioNTech telah mengadakan kerja sama dengan Pfizer, yang berbasis di New York, dan pembuat obat Cina Fosun Pharma untuk mengembangkan vaksin mRNA mereka.

Pada bulan Mei, Pfizer mengumumkan uji coba manusia untuk vaksin.

Sebagai penerima manfaat dari Operation Warp Speed, Pfizer berharap memiliki beberapa juta dosis untuk penggunaan darurat pada musim gugur jika semuanya berjalan baik dalam uji coba.

Baca juga: Saat Vaksin Covid-19 Ditemukan, Siapa yang Pertama Mendapatkannya?

3. Pada bulan Mei, perusahaan Amerika Inovio menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vaksin berbasis DNA mereka menghasilkan antibodi pada tikus.

Uji coba keselamatan pada manusia sekarang sedang dilakukan di Amerika Serikat dan akan dimulai di Korea Selatan pada akhir Juni.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.