KA Prameks Kembali Beroperasi, Simak Ketentuan Baru bagi Penumpang

Kompas.com - 13/06/2020, 14:00 WIB
Kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOKereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta.

KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres ( Prameks) Yogyakarta-Solo kini beroperasi kembali.

Sebelumnya, sebagian operasional KA Prameks dihentikan guna mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

Beroperasinya KA Prameks juga telah dikonfirmasi oleh Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta.

"Sudah beroperasi, sebagian," kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/6/2020). 

Eko mengungkapkan, sebelumnya PT KAI Daop 6 Yogyakarta membatalkan sementara seluruh perjalanan KA Reguler dan membatalkan sementara sebagian perjalanan KA Lokal Prameks.

Namun, mulai Jumat, 12 Juni 2020, terdapat beberapa KA Reguler dan KA Lokal Prameks yang akan kembali dijalankan sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan.

Baca juga: Besok Beroperasi, Berikut Syarat dan Panduan Naik Kereta Api

Selain itu, Eko juga mengungkapkan bahwa pengoperasian kembali KA Reguler dan Lokal ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Ketentuan bagi penumpang kereta

Secara umum, setiap penumpang KA Jarak Jauh maupun Lokal diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Jika penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut saat proses boarding, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X