Apa Itu Telur Infertil?

Kompas.com - 11/06/2020, 16:50 WIB
Ilustrasi telur, telur infertil ShutterstockIlustrasi telur, telur infertil

KOMPAS.com –  Telur infertil. Perbincangan soal telur infertil kembali menjadi bahasan publik setelah Satgas Pangan di Kota Tasikmalaya menemukan penjualan telur ini.

Pada Selasa (9/6/2020), Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Tasikmalaya, Jawa Barat menemukan adanya penjualan telur ayam infertil di wilayah Komplek Pasar Induk Cikurubuk, Tasikmalaya.

Kecurigaan berawal dari murahnya harga penjualan telur itu, di kisaran Rp 15.000 per kilogram.

Apa itu telur infertil?

Kepala Subdit Pengawasan Keamanan Produk Hewan Kementerian Pertanian, Drh. Imron Suandy, MVPH, menjelaskan, dalam industri perunggasan dikenal dua jenis telur.

Dua jenis telur itu adalah telur tertunas dan telur konsumsi.

“Telur tertunas adalah telur yang dibuahi oleh pejantan. Telur ini diproses untuk menjadi day old chick (DOC) atau yang disebut sebagai bibit,” ujar Imron saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Fakta Terbongkarnya Penjualan Telur Infertil, Dijual Setengah Harga hingga Bahaya Mengonsumsinya

Telur infertil dan telur konsumsi

Cangkang telur ayam memiliki warna berbeda yang didapat dari gennya. Cangkang telur ayam memiliki warna berbeda yang didapat dari gennya.
Industri yg menghasilkan DOC itu adalah perusahaan pembibitan ayam atau breeding farm, yang menghasilkan DOC untuk ayam pedaging.

Dalam industri unggas, untuk mendapatkan DOC memerlukan pemilihan ayam sebagai bibit secara khusus yang kemudian dikawinkan secara khusus pula.

Dalam proses menjadi DOC, telur tertunas perlu dieramkan di dalam mesin yang bisa digunakan untuk mengerami telur hingga ribuan butir.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X