Unggahan Viral ATM Pecahan Rp 20.000, Ini Penjelasan Bank di Indonesia

Kompas.com - 10/06/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi mesin ATM Thinkstock.com/uncle_daengIlustrasi mesin ATM

KOMPAS.com - Kehadiran mesin anjungan tunai mandiri ( ATM) menjadi salah satu inovasi yang mempermudah hidup masyarakat. 

Masyarakat yang menyimpan uangnya di bank bisa dengan mudah melakukan penarikan uang selama memiliki kartu ATM dan ada mesin ATM.

Umumnya, mesin ATM dibagi menjadi dua jenis berdasarkan pecahan uang yang dikeluarkan, yakni ATM dengan pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000.

Namun, sebenarnya ada pula mesin ATM yang menyediakan pecahan Rp 20.000, meski cukup jarang dijumpai.

Di media sosial Twitter, sempat viral unggahan tentang ATM pecahan Rp 20.000. Kebanyakan warganet yang berkomentar berasal dari kalangan mahasiswa.

Baca juga: Tips Menghindari Penipuan dan Pembobolan Rekening Bank atau ATM

Memang sepertinya sudah menjadi hal lumrah bila mahasiswa dikenal sebagai kalangan yang memiliki uang terbatas karena masih bergantung dari uang saku pemberian orangtua, terutama bagi mahasiswa perantauan. 

Kehadiran ATM pecah Rp 20.000 tentunya menjadi hal yang sangat membantu mereka.

Sebab, mereka masih bisa mengambil uang meskipun saldo yang tersisa di bank kurang dari Rp 50.000 ataupun Rp 100.000.

Selain itu, mesin ATM pecahan Rp 20.000 pun biasanya terletak di dekat universitas atau kampus yang mudah terjangkau oleh mahasiswa. 

Baca juga: Fakta Polisi Ditangkap karena Nyabu, Berawal dari Laporan Satpam yang Curiga karena Disangka Perampok ATM

Tanggapan Bank BCA

Kompas.com pun mencoba untuk mengonfirmasi adanya ATM dengan nilai pecahan Rp 20.000 ke salah satu bank di Indonesia, yakni Bank Central Asia (BCA). 

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn mengatakan, hingga saat ini, terdapat satu ATM BCA yang menyediakan uang tunai Rp 20.000 berlokasi di Universitas Bina Nusantara (Binus).

"Ke depannya, BCA akan terus mengevaluasi kebutuhan masyarakat terkait tarik tunai di ATM," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (10/6/2020). 

Sebagai informasi, per akhir Maret 2020, BCA melayani 22 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya. 

Selain itu, operasional BCA juga didukung oleh 1.252 kantor cabang, 17.607 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Baca juga: BCA Rogoh Rp 500 Miliar untuk Akuisisi Rabobank


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X