Berikut Aturan Baru bagi Mahasiswa yang Masuk Sleman, Wajib Rapid Test jika dari Wilayah PSBB

Kompas.com - 10/06/2020, 17:14 WIB
- -

KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, DIY, mengeluarkan aturan baru agar seluruh mahasiswa yang indekos di wilayahnya melakukan tes cepat Covid-19 sebelum kembali memulai perkuliahan.

Hanya saja, kewajiban rapid test khusus berlaku bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara, untuk mahasiswa yang bukan dari wilayah PSBB cukup menggunakan surat keterangan sehat. 

Aturan itu berdasar pada Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 443/01352 tentang Panduan Penerimaan Kedatangan Mahasiswa dari Luar Daerah yang ditandatangani pada 5 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menyebut segala teknis dan sistem pengawasan nantinya sudah diatur dalam SE yang diedarkan.

"Sesuai Surat Edaran Bupati Sleman saja," kata Joko saat dihubungi Selasa (9/6/2020).

Maksud dari peraturan ini adalah mengupayakan tidak terjadinya penyebaran virus corona di wilayah Sleman, khususnya di lingkungan pendidikan dan di lingkungan tinggal para mahasiswa.

Baca juga: 627 Mobil PCR dan Rapid Test Siap Mendatangi 700 Pasar di Jabar

Syarat kembali ke Sleman

Jadi, untuk semua mahasiswa yang datang dari luar DIY, baik mahasiswa lama maupun mahasiswa baru, semuanya diminta untuk membawa surat keterangan sehat.

"Bagi yang belum membawa, dapat mencari Surat Keterangan Sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di wilayah DIY," bunyi salah satu kalimat dalam SE tersebut.

Khusus bagi mahasiswa yang datang dari kota atau wilayah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus melakukan karantina 14 hari setibanya di Sleman.

Karantina ini tidak berlaku bagi mereka mahasiswa dari wilayah PSBB yang menunjukkan hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 yang masih berlaku dengan hasil nonreaktif.

Baca juga: 5 Pelaku yang Ambil Paksa Jenazah PDP di Makassar Reaktif Rapid Test

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X