Orang Utan Rentan Terpapar Corona

Kompas.com - 10/06/2020, 11:25 WIB
Temon, salah satu orang utan koleksi satwa yang dipelihara di Semarang Zoo. KOMPAS.com/offical instagram Semarang ZooTemon, salah satu orang utan koleksi satwa yang dipelihara di Semarang Zoo.


KETIKA menghadapi wabah penyakit menular, manusia terbiasa menyalahkan makhluk hidup bukan manusia terutama virus.

Namun di samping menyalahkan virus, manusia juga menyalahkan satwa pembawa virus yang menularkan virus ke manusia.

Khusus dalam kasus pagebluk Corona yang disalahkan malah satwa yang tidak lazim disalahkan mulai dari kekelawar sampai trenggiling yang tidak lazim dimakan manusia kecuali di pasar tradisional Wuhan yang dianggap terutama oleh Donald Trump sebagai sumber wabah Covid-19.

Namun, ada pula jenis satwa yang bukan disalahkan tapi malah dikhawatirkan rentan tertular virus Corona yang justru berasal dari manusia. Layak dikhawatirkan, satwa dengan DNA mirip manusia rawan tertular Covid-19.

Margasatwa rentan terpapar Corona adalah para primata non manusia seperti monyet, lemur, simpanze, bonobo, gorilla dan orang utan.

Primata

Baik gorilla mau pun simpanze bukan saja menghadapi masalah biologis namun juga masalah sosial akibat perangai tidak jauh beda dari homo sapiens.

Gorila maupun simpanze sama dengan manusia adalah makhluk sosial. Kedua jenis satwa primata itu secara alami dan naluri cenderung hidup berkelompok maka sulit dipaksa memenuhi syarat peraturan physical distancing mau pun social distancing.

Mereka makin menghadapi kesulitan untuk tidak saling berdekatan akibat tidak memiliki peralatan untuk saling berkomunikasi lewat teknologi telekomunikasi seperti WA apalagi Zoom.

Mereka tidak bisa menyelenggarakan teleconference atau mempergelar konser sambal pakai masker secara online.

Sebelum Corona, gorila berperan sebagai atraksi wisata utama Rwanda dengan omzet puluhan juta dolar AS setiap tahun.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X