Heboh Nenek 65 Tahun Nikahi Anak Angkat, Berikut Penjelasan Psikolog

Kompas.com - 09/06/2020, 19:46 WIB
Di banyak budaya hubungan inses dianggap sebagai hubungan yang terlarang. MirrorDi banyak budaya hubungan inses dianggap sebagai hubungan yang terlarang.

KOMPAS.com - Seorang nenek berusia 65 tahun bernama Tri Sutiyem atau lebih dikenal sebagai Mbah Gambreng, warga Unit 7 Blok E, Desa Bumiharjo, Kecamatan Lempuing, OKI menikah dengan seorang pemuda bernama Ardi Waras, warga Desa Cahaya Makmur, Kecamatan Lempuing, yang baru berusia 24 tahun.

Kehebohan bukan saja karena jarak usia keduanya yang cukup jauh, namun juga karena mempelai pria Ardi Waras adalah anak angkat Mbah Gambeng sendiri.

Pernikahan keduanya, seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, dilakukan secara siri di rumah Mbah Gambreng pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2020 lalu.

Pernikahan keduanya bukanlah pernikahan yang biasa. Apalagi hingga memicu kehebohan di lingkungan tempat tinggal keduanya dan juga di sejumlah media.

Mengapa pernikahan ibu dan anak angkat itu dapat terjadi? 

Baca juga: Heboh, Nenek 65 Tahun Nikahi Anak Angkatnya Pemuda 24 Tahun

Psikolog seksual Zoya Amirin saat dihubungi Selasa (9/6/2020) sore pun menyebut kejadian ketertarikan semacam itu sangat mungkin terjadi.

"Memang ada yang namanya inses, ketertarikan itu kan sangat personal, ketertarikan pada orang lain sangat personal," ujar Zoya.

Zoya menjelaskan ketertarikan bisa saja terjadi di antara siapa pun, termasuk juga pada mereka yang memiliki hubungan kekeluargaan.

"Ketertarikan ya ketertarikan, bisa jadi itu mereka saling tertarik. Makanya harus saling menjaga," sebutnya.

Saling menjaga menurutnya merupakan satu sikap yang bisa muncul sebagai hasil proses pendidikan seksual yang panjang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X