Penanganan Covid-19, Dokter Reisa, dan Analisis Penunjukannya...

Kompas.com - 09/06/2020, 19:32 WIB
dr Reisa Broto Asmoro DOK. BNPBdr Reisa Broto Asmoro

KOMPAS.com - Mantan Putri Indonesia Lingkungan 2010 sekaligus dokter umum Reisa Broto Asmoro didapuk menjadi anggota tim komunikasi publik Gugus Tugas Covid-19 pada Senin (8/6/2020).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, kehadiran Reisa untuk menemani dirinya sekaligus menyampaikan informasi dalam briefing harian Covid-19.

Kemunculan Reisa ini disambut antusias oleh warganet. Banyak yang mendukung Reisa menjadi juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Waspada Gejala Baru Virus Corona, dari Sulit Berbicara hingga Halusinasi

Diketahui, Reisa selama ini dikenal sebagai dokter, alumnus ajang kecantikan, model, dan presenter televisi.

Sebagai dokter, wanita kelahiran Malang, 28 Desember 1985 ini juga sempat menekuni dunia forensik.

Ia pernah bergabung sebagai anggota Disaster Victim Identification yang terlibat dalam proses investigasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi dan korban aksi terorisme di Jakarta.

Praktisi komunikasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati mengatakan, didapuknya Reisa untuk menyampaikan informasi update kasus Covid-19 dianggap sebagai salah satu cara untuk membius masyarakat agar patuh dalam aturan pemerintah.

"Menggunakan orang ternama sebagai bagian dari strategi komunikasi merupakan hal yang terbukti ampuh karena selebriti memiliki kemampuan untuk membius publik secara sesaat," ujar Devie saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, selebriti memiliki kekuatan menarik perhatian, di tengah-tengah derasnya arus informasi. 

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 di Indonesia Kembali Meninggi, Ini Analisis Ahli Epidemiologi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X