Angka Kematian akibat Covid-19 di Brazil Tertinggi Ketiga di Dunia, Ini Kisah Pengantar Jenazah

Kompas.com - 09/06/2020, 16:03 WIB
SOS Funeral Manaus, Brazil. Lembaga nirlaba yang menyediakan layanan pemakaman gratis. Alex Pazuello/SemcomSOS Funeral Manaus, Brazil. Lembaga nirlaba yang menyediakan layanan pemakaman gratis.

KOMPAS.com - Angka kematian akibat infeksi virus corona di Brasil telah melonjak melampaui 34.000 jiwa. Jumlah tersebut menjadikan Brazil sebagai negara ketiga yang memiliki kasus kematian terbanyak di dunia.

Angka kematian Brazil kini telah melampaui Italia dan hanya berada di bawah Amerika Serikat dan Inggris yang mencatatkan lebih banyak kematian.

Meski demikian, Presiden Brazil, Jair Bolsonaro justru terlihat meremehkan bahaya dari pandemi ini. 

Melansir BBC International, di tempat-tempat seperti Manaus, warga biasa berinisiatif mengambil peran untuk membantu kota mereka mengatasi pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah kisah Juracy, pria yang sebelumnya bekerja sebagai supir taksi daring dan kini bekerja sebagai seorang relawan di SOS Funeral.

SOS Funeral adalah lembaga nirlaba yang mendedikasikan layanan pemakaman gratis bagi masyarakat yang tidak mampu membayar biaya pemakaman.

Pada April 2020, lembaga ini telah menyelenggarakan pemakaman bagi 793 jenazah, meningkat empat kali lipat dari biasanya.

Baca juga: Lihat Konsep Bus dengan Standar New Normal dari Brazil

Tidak bisa dihitung lagi

Juracy pun menuturkan kisahnya saat hari pertama bekerja untuk SOS Funeral. Dia merasa sedikit gemetar karena ada begitu banyak kasus (Covid-19).

"Kemudian satu demi satu, saya terus bekerja hingga saya tidak bisa menghitung lagi berapa yang sudah saya makamkan," kata Juracy

Juracy menyebut bahwa momen ketika mereka menjemput jenazah untuk dimakamkan merupakan pukulan berat bagi keluarga yang ditinggalkan, oleh karena itu dia selalu berusaha seramah mungkin dan mencoba menenangkan keluarga korban. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.