Viral Foto Pengangkatan Rahim Disebut akibat Kista, Berikut Penjelasan Dokter

Kompas.com - 08/06/2020, 15:58 WIB
Ilustrasi kanker serviks Ilustrasi kanker serviks

KOMPAS.com – Sebuah foto yang menampakkan gambar rahim yang diangkat dan disebut terjadi akibat kista viral di media sosial Twitter.

Adapun postingan tersebut diunggah oleh @semestasains.

“Jarang kita bisa melihat foto rahim dgn begitu detail seperti ini.
Pemilik rahim baru saja menjalani Hysterectomy, operasi pengangkatan rahim akibat kista.
Wanita lahir lengkap dgn rahim, tapi ada beberapa wanita yg terlahir tanpa rahim (Mullerian agenesis),” tulis akun tersebut.

Postingan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih 5,4 ribu kali dan disukai lebih dari 15 ribu pengguna.

Lantas, apakah betul gambar tersebut merupakan gambar rahim yang diangkat akibat kista?

Baca juga: Operasi Kista Ovarium Lancar, Feby Febiola: Terima Kasih Sudah Mendoakan

Penjelasan dokter 

Terkait dengan hal itu, Kompas.com  menghubungi dr. Boy Abidin yang merupakan dokter spesialis kandungan di RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Dari penjelasan Boy, kondisi rahim dalam gambar tersebut memang memiliki kista. Akan tetapi, menurutnya, pasien melakukan pengangkatan rahim karena ia menderita kanker leher rahim atau yang biasa disebut kanker serviks.

“Kalau saya lihat fotonya kanker serviks. Kemudian leher rahimnya sudah abnormal bentuknya sehingga tindakan operasinya radical histerectomy, diangkat semua baik rahim, serviks termasuk indung telur,” ujar Dokter Boy saat dihubungi Kompas.com Minggu (7/6/2020).

Adapun kondisi yang demikian menurut Boy umumnya terjadi pada pasien yang usianya mendekati 50 tahun atau 50 tahun ke atas.

Adapun, kista dari gambar tersebut menurutnya bukanlah kista penyakit tapi kista lutein yang merupakan kista fungsional.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X