3 Hukuman bagi Ojol dan Opang Langgar Aturan PSBB Transisi, Denda hingga Rp 500 Ribu

Kompas.com - 08/06/2020, 15:31 WIB
Pengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Karet, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Karet, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Senin (8/6/2020), ojek online dan ojek pangkalan telah diizinkan kembali membawa penumpang, seiring pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Meski diperbolehkan membawa penumpang, mereka diwajibkan mematui aturan pemerintah demi mencegah penularan virus corona.

Jika tidak, ada hukuman yang telah menanti ojol dan opang, berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Nomor 105 Tahun 2020.

Lantas, apa saja hukuman bagi pengemudi ojek yang tidak taat aturan?

Baca juga: Hari Ini Kembali Beroperasi, Berikut Prosedur Penumpang Naik GoRide

Hukuman bagi pengemudi ojek

Tiga hukuman yang akan diterapkan adalah:

Pertama, denda administratif minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 500.000.

Kedua, mereka akan mendapatkan sanksi berupa kerja sosial, seperti membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi khusus.

Ketiga, tindakan penderekan ke tempat penyimpanan kendaraan bermotor yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Agar terhindar dari hukuman itu, baik ojol maupun opang harus menaati sejumlah aturan.

Pertama, ojol dan opang diharuskan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), minimal masker dan wajib menyediakan hand sanitizer

Baca juga: Kembali Beroperasi di Tengah Corona, Masyarakat Berani Naik Ojol Lagi?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X