Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Editor's Letter untuk Surabaya, Setelah Jakarta Dimenangkan

Kompas.com - 08/06/2020, 13:29 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Hai, apa kabarmu? Seminggu terakhir, banyak sekali perubahan mendasar yang mungkin kamu alami juga terkait respons bersama kita menghadapi pandemi Covid-19.

Bagaimana perasaanmu mendapati perubahan itu? Spontan, utamanya setelah DKI Jakarta mengakhiri PSBB ke-3, 4 Juni 2020 lalu dan melanjutkan dengan PSBB transisi sepanjang Juni untuk menuju normal baru, saya lega.

Penularan masih tinggi

Upaya bersama semua pihak untuk memenangkan Jakarta mulai menunjukkan hasil baiknya. Belum paripurna memang kemenangan itu karena ancaman penularan Covid-19 masih tinggi.

Sabtu, 6 Juni 2020 lalu misalnya, jumlah penambahan harian pasien positif Covid-19 menembus rekor baru dengan total penambahan nasional mencapai 993 pasien.

Dengan rata-rata 14 hari masa pengujian sampai mendapatkan hasil, bisa diduga, lonjakan tinggi 6 Juni 2020 terjadi karena momentum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah yang jatuh pada 24-25 Mei 2020. 

DKI Jakarta juga mengalami peningkatan jumlah positif pasien Covid-19. Pada 6 Juni 2020, didapati 125 jumlah pasien positif. Hari berikutnya jumlahnya naik lagi menjadi 172 pasien positif.

Akibat pelonggaran yang dilakukan di sejumlah aspek kehidupan di masa PSBB transisi ini memang belum terlihat langsung. Tidak seperti mengunyah cabai yang langsung terasa pedasnya.

Seperti kasus selama Idul Fitri yang baru terkumpul datanya 14 hari kemudian, demikian juga kasus PSBB transisi ini. Keramaian dan aktivitas yang berangsur normal akan kita ketahui dampaknya kira-kira minggu depan. 

Harapan kita semua tentu saja, pelonggaran yang diberikan untuk sejumlah aktivitas ini membuat kita justru makin disiplin dengan protokol Covid-19. Pujian atau hukuman atas perilaku disiplin kita akan kita lihat hari-hari di pekan mendatang.

Semoga upaya-upaya baik kita membawa hasil baik juga. Kenapa ini jadi semacam doa? Ya, karena mengandaikan disiplin diterapkan secara sadar dan ditegakkan di tempat-tempat umum untuk para pelanggar ternyata tidak terjadi juga.

Masih banyak yang sembrono tanpa mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pedoman jarak aman minimal satu meter kerap diabaikan. Ini yang kasat mata dan saya jumpai ketika Minggu pagi lalu bersepeda untuk berolah raga sedikit jauh dari rumah.

Kepada mereka yang tidak disiplin dan terjumpai, saya ingatkan. Menggembirakan, yang diingatkan lalu mematuhi protokol Covid-19.

Pekerja kantoran saat keluar dari Stasiun Sudirman di Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mengizinkan perkantoran kembali beroperasi sejak hari ini, namun dengan penerapan protokol kesehatan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja kantoran saat keluar dari Stasiun Sudirman di Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mengizinkan perkantoran kembali beroperasi sejak hari ini, namun dengan penerapan protokol kesehatan.
Namun, beberapa seperti tidak terima saat diingatkan tentang protokol kesehatan. Kepada mereka, saya mendoakan agar mereka tetap sehat dan tidak menjadi sumber celaka bagi kesehatan orang lain. 

Kabar dari Surabaya

Selain PSBB di Jakarta yang dilonggarkan untuk sejumlah aktivitas terkait ekonomi yang juga penting, pekan lalu kita mendapat kabar dari Surabaya yang mencuri perhatian kita juga.

Pertama, terkait Covid-19, di Surabaya, makin banyak ditemukan pasien Covid-19. Kabar buruk sekaligus kabar baik sebenarnya. Kabar buruknya bahwa penyebaran masif masih terjadi. Kabar baiknya, upaya tracing bisa dilakukan untuk memutus rantai penyebaran makin meluas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com