Benarkah Berenang Dapat Tularkan Covid-19? Simak Penjelasan Berikut

Kompas.com - 08/06/2020, 08:05 WIB
Ilustrasi berenang moodboardIlustrasi berenang

KOMPAS.com - Fase new normal akan segera hadir. Beberapa kegiatan yang sebelumnya dibatasi akan kembali diizinkan untuk dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Salah satunya adalah pembukaan kembali tempat wisata seperti pantai.

Pembukaan ini kemungkinan besar akan menarik banyak wisatawan yang sudah jenuh karena selama beberapa bulan terakhir menghabiskan waktu di rumah saja.

Baca juga: Hadapi New Normal, Masih Perlukah Mengenakan Masker?

Lantas, apakah menikmati waktu dengan berenang di pantai maupun kolam renang umum atau water park memiliki potensi untuk menularkan Covid-19.

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada hasil riset yang menunjukkan jika Covid-19 bisa ditularkan lewat air.

"Sejauh ini tidak ada bukti penularan lewat batuk atau bersin di dalam air. Artinya, kalau berenang sendirian atau berdua dengan yang masih keluarga serumah tidak apa-apa, walaupun tadinya kolam renang itu dipakai orang lain," jelas Dicky saat dihubungi Kompas.com (7/6/2020).

Baca juga: 32 Dokter Meninggal akibat Covid-19, Mayoritas Bertugas di RS Non-Covid-19

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.