Kompas.com - 07/06/2020, 21:10 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Perusahaan Fujifilm atau Fujifilm Holdings Corporation mengungkapkan, penelitian Avigan sebagai yang disebut sebagai pengobatan potensial untuk Covid-19 akan dilanjutkan hingga Juli 2020.

Adapun pengumuman tersebut disampaikan pihak Fujifilm pada Minggu (7/6/2020).

Melansir Reuters, Minggu (7/6/2020), penelitian yang berlangsung hingga Juli 2020 ini merupakan kemunduran lebih lanjut dalam upaya perusahaan Jepang untuk menemukan vaksin.

"Ada kemungkinan bahwa uji klinis akan berlanjut hingga Juli 2020," ujar Juru Bicara Fujifilm, menanggapi laporan Nikkei bahwa setiap persetujuan akan ditunda hingga Juli karena kurangnya pasien untuk uji coba.

Sementara, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyerah untuk mendapatkan persetujuan obat pada akhir Mei 2020.

Namun, tindakan ini bertujuan untuk menyelesaikan uji klinis pada Juni 2020.

Tetapi, para peneliti hanya bisa mendapatkan sekitar 70 persen dari pasien yang dibutuhkan untuk tahapan uji coba.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Harian Nikkei, menyebutkan, penelitan tersebut membutuhkan 28 hari untuk mendapatkan hasil, maka proses akan berlanjut setidaknya sampai Juli 2020.

Juru bicara Fujifilm mengatakan, pihaknya tidak merinci tentang kemajuan uji klinis tetapi telah memperbanyak jumlah lembaga medis yang bekerja sama dalam uji coba.

"Kami bertujuan untuk menyelesaikan uji klinis sesegera mungkin," ujar dia.

Baca juga: Kasus Covid-19 Capai 10.000, Filipina Akan Lakukan Uji Coba Obat Avigan

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X