Mengenal Fenomena "Strawberry Moon" yang Akan Muncul pada 6 Juni

Kompas.com - 05/06/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi bulan purnama stroberi atau strawberry full moon SHUTTERSTOCK/KAI AYASEIlustrasi bulan purnama stroberi atau strawberry full moon

 

KOMPAS.com – Bulan akan mengalami gerhana penumbra dini hari nanti tepatnya Sabtu (6/6/2020) dimulai pukul 00.45 WIB, dan akan menuju puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan akan berakhir pada pukul 04.04 WIB.

Melansir dari laman resmi Edukasi Sains Lapan, gerhana bulan penumbra yang terjadi besok akan terjadi selama 3 jam 18 menit.

Gerhana tersebut disebut pula dengan “Strawberry Moon Eclipse” atau gerhana bulan strawberry.

Adapun gerhana bulan ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Benarkan Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Ini Penjelasan BMKG

Lantas kenapa disebut Strawberry Moon?

Melansir dari Forbes, Kamis (4/6/2020)istilah 'Strawberry Moon' hanya merujuk ke bulan purnama yang terjadi pada bulan Juni.

"Strawberry Moon Eclipse" mengacu pada fakta bahwa bulan purnama ini akan masuk ke bayangan luar Bumi di ruang angkasa.

Di mana di wilayah Asia, Afrika dan Australia, saat "Gerhana Bulan Strawberry" 57 persen bulan akan tertutup oleh bayangan penumbra Bumi selama gerhana terjadi.

Namun saat gerhana bulan strawberry terjadi, sebetulnya hanya akan terlihat seperti bulan purnama pada umumnya sehingga tak akan banyak yang sadar bahwa itu sedang gerhana.

Baca juga: Viral, Unggahan Jasad Bayi 7 Bulan Ditemukan Terbawa Aliran Sungai di Malang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X