Benarkah Manusia Pertama yang Mengelilingi Dunia Berasal dari Maluku?

Kompas.com - 05/06/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi kapal shutterstockIlustrasi kapal

KOMPAS.com - Ketika mencari tahu siapa manusia pertama yang mengelilingi dunia di mesin pencarian, banyak yang menyebut nama Ferdinan Magellan atau Juan Sebastian Elcano.

Dua orang pelaut dari Portugis dan Spanyol yang melakukan ekspedisi untuk mencari rempah-rempah di Nusantara pada abad ke-15.

Namun ternyata manusia pertama yang berhasil melakukan perjalanan laut mengelilingi bumi adalah orang Maluku.

Baca juga: Enrique Maluku, Putra Maluku Pengeliling Dunia Pertama

Enrique Maluku

Orang itu disebut-sebut bernama Enrique el Negro (Spanyol), Henrique el Negro (Portugal), Enrique de Malacca, Enrique de Molucca atau Enrique Maluku.

Itu yang dikatakan presenter kondang Helmy Yahya dan Reinhard R. Tawas dalam buku Pengeliling Bumi Pertama adalah Orang Indonesia- Enrique Maluku yang terbit pada September 2014.

Disebutkan, Enrique merantau dari Maluku ke Malaka pada tahun-tahun saat Alfonse D'Albuquerque menaklukkan Malaka pada 1511.

Salah satu kapten Alfonse yaitu Ferdinand Magellan kemudian menemukan Enrique dan membawanya ke Portugis.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa Enrique adalah budak yang kemudian dibawa oleh Magellan.

Namun sumber lain menyatakan bahwa Enrique direkrut Magellan sebagai asisten atau penerjemah karena kemampuannya dalam sejumlah bahasa, termasuk bahasa Portugis, Spanyol dan bahasa-bahasa di Nusantara serta Melayu.

Baca juga: Imaji Perjalanan Ferdinand Magellan dalam Dendang Melayu di Portugal

Dimulai sejak 1503

Perjalanan atau rute pertama Enrique dalam mengelilingi bumi dimulai saat dia mulai saat dia meninggalkan Amboina pada 1503 saat usianya 10 tahun sebagai pengangkut biji pala dan cengkeh dari Banda Neira dan Amboina.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X