Diklaim Efektif untuk Covid-19, Berikut Beda Hidroksiklorokuin dengan Klorokuin

Kompas.com - 05/06/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi Hydroxychloroquine Sonis PhotographyIlustrasi Hydroxychloroquine

KOMPAS.com - Dunia tengah dihebohkan dengan kehadiran obat anti malaria hydroxychloroquine atau hidroksiklorokuin yang digadang-gadang dapat mengobati Covid-19 baru-baru ini.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sangat mendukung penggunaan obat tersebut. Bahkan, Trump yakin, ia akan menggunakannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di negaranya.

Namun, sejumlah negara dengan tegas menghentikan uji coba penggunaan obat ini dalam skala besar dengan mempertimbangkan masalah keamanan.

Negara-negara tersebut antara lain, Uni Eropa, Perancis, Italia, dan Belgia.

Baca juga: Sebabkan Komplikasi Jantung, Penelitian Klorokuin di Brazil Dihentikan

Lantas, apa itu hidroksiklorokuin?

Merujuk artikel Healthline, Senin (23/3/2020), hidroksiklorokuin merupakan obat berbentuk tablet oral yang diberikan dengan menggunakan resep dokter.

Obat ini tersedia dengan merek Plaquenil dan tersedia juga dalam bentuk generik.

Umumnya, hidroksiklorokuin dapat digunakan sebagai bagian dari terapi di mana Anda mungkin dapat mengonsumsinya dengan obat lain.

Efek samping dari penggunaan obat ini biasanya, sakit kepala, pusing, diare, kram perut, muntah di mana efek ini akan hilang dalam beberapa hari.

Namun, ada juga efek samping yang serius yakni pembengkakakn cepat pada kulit, gatal-gatal, sakit tenggorokan, hipoglikemia berat, pendarahan atau memar, warna kulit biru-hitam, kelemahan otot, rambut rontok, perubahan suasana hati yang abnormal, dan efek kesehatan mental.

Baca juga: Waspada Gejala Baru Virus Corona, dari Sulit Berbicara hingga Halusinasi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X