Ratusan Rumah di Maluku Utara Rusak akibat Gempa Bermagnitudo 6,8

Kompas.com - 05/06/2020, 10:43 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERINIlustrasi Gempa Bumi

 

KOMPAS.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, ratusan rumah rusak usai diguncang gempa berkekuatan 6,8 pada Kamis (4/6/2020) sore di Maluku Utara.

Rumah rusak tersebar pada 6 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Morotai.

"Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan kerusakan rumah terjadi di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat, dan Pulau Rao," kata Raditya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Mengenang 14 Tahun Gempa Yogyakarta dan Solidaritasnya untuk Bangkit

Menurutnya total rumah yang rusak berjumlah 128 unit, dengan rincian 99 unit rumah rusak ringan (RR), 18 unit rumah rusak sedang (RS) dan 11 unit rumah rusak berat (RB).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Morotai juga mencatat tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.49 WIB itu.

Usai gempa terjadi, BPBD kemudian melakukan evakuasi kepada warga terdampak.

Baca juga: Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Warga masih trauma

Ilustrasi gempa bumiShutterstock Ilustrasi gempa bumi

Hingga saat ini, sejumlah masyarakat masih memilih untuk bertahan di dataran tinggi karena trauma.

"Masih terdapat masyarakat yang bertahan di dataran ketinggian atau di rumah saudara karena trauma," jelas dia.

Sesaat setelah gempa, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai dan instansi terkait melakukan penanganan darurat, seperti memastikan pertolongan korban dan pendataan kerusakan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X