Era New Normal, Berikut Starter Kit Dalam Tas Siaga Covid-19

Kompas.com - 05/06/2020, 08:05 WIB
Manajemen Super Market Asia Plaza memasang penyekat transparan di seluruh layanan pembayaran (kasir) sebagai protokol kesehatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Pemerintah Provinsi Jabar mempersiapkan adaptasi normal baru atau new normal yang mengacu pada sejumlah indikator dan persiapan matang, dengan tujuan memulihkan perekonomian disertai pengendalian risiko penularan COVID-19 yang komprehensif mulai 1 Juni 2020. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMIManajemen Super Market Asia Plaza memasang penyekat transparan di seluruh layanan pembayaran (kasir) sebagai protokol kesehatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Pemerintah Provinsi Jabar mempersiapkan adaptasi normal baru atau new normal yang mengacu pada sejumlah indikator dan persiapan matang, dengan tujuan memulihkan perekonomian disertai pengendalian risiko penularan COVID-19 yang komprehensif mulai 1 Juni 2020.

KOMPAS.com - Pemerintah terus menggenjot upaya persiapan fase new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi.

Meski kurva kasus corona di Indonesia belum melandai, sejumlah persiapan terus dilakukan, semisal dengan pengerahan pasukan TNI-Polri, setidaknya di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Pada fase ini, pembatasan kegiatan masyarakat akan dilonggarkan.

Masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti bekerja dan bersekolah, namun dengan tetap mematuhi sejumlah protokol kesehatan seperti memakai masker dan membatasi jarak fisik.

Baca juga: Kembali Merebak di Kongo, Berikut Beda Virus Ebola dengan Corona...

Oleh karena itu, masyarakat perlu menyiapkan beberapa hal saat berada di luar rumah (fase new normal).

Masyarakat pun diimbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak fisik lebih dari 1 meter dan rutin mencuci tangan saat menjalani fase new normal.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun merekomendasikan "Tas Siaga Covid-19) yang memiliki isi bermacam hal guna melindungi dari paparan Covid-19.

"Selain terus menerapkan disiplin diri menaati protokol kesehatan dengan jaga jarak dan rajin cuci tangan, penting bagi kita menyiapkan beberapa hal yang jadi 'senjata' ampuh pelindung diri, khususnya bagi para pejuang nafkah keluarga," tulis BNPB dalam akun Instagram resminya

Baca juga: Berikut 5 Gejala Virus Corona Ringan yang Tak Boleh Diabaikan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hai #SahabatTangguh, menuju masyarakat produktif namun tetap aman dari COVID-19 ada beberapa hal yang harus kita siapkan. Selain terus menerapkan disiplin diri menaati protokol kesehatan dengan jaga jarak dan rajin cuci tangan, penting bagi kita menyiapkan beberapa hal yang jadi 'senjata' ampuh pelindung diri, khususnya bagi para pejuang nafkah keluarga. 1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Jangan lupa kantung untuk masker habis pakai. 2. Hand sanitizer, disinfektan semprot dan sabun cair. 3. Tissu basah dan kering. 4. Alat makan dan botol minum. 5. Perlengkapan ibadah. 6. Totebag buat kamu yang suka mampir belanja. 7. Suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina kamu. Masukkan semua 'senjata' ke dalam Tas Siaga COVID. Bagi pengguna setia ojeg pangkalan atau ojeg online sebaiknya gunakan jaket dan helm pribadi. Ribet? Kalo gak mau ribet mending #dirumahaja , mencegah lebih baik dari pada sakit dikemudian hari bukan? Sekian tips dari mimin yang selalu sayang kalian para pejuang nafkah. #BersatuLawanCOVID19 ——— Inspirasi materi oleh: @kurioid @endeus.tv @parentswhisperer

A post shared by BNPB Indonesia (@bnpb_indonesia) on Jun 2, 2020 at 9:09pm PDT

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Crane di Malang Terjungkir karena Tak Kuat Angkat Potongan Pohon

Lantas, apa saja barang-barang yang perlu dibawa di dalam tas ketika bekerja atau keluar dari rumah?

1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Jangan lupa kantung untuk masker habis pakai.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X