Kompas.com - 04/06/2020, 06:14 WIB
Ilustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegah penularan virus corona. ShutterstockIlustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegah penularan virus corona.

KOMPAS.com - Penelitian paling komprehensif hingga saat ini menemukan bahwa pembatasan jarak fisik dan pemakaian masker adalah dua cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet, Senin (1/6/2020), menemukan, orang-orang harus berjarak sedikitnya 1 meter atau lebih.

Melansir CNN, dari tinjauan berbagai penelitian yang telah diterbitkan dan didanai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat tiga temuan utama.

Berikut tiga temuan utama tersebut:

  • Pembatasan jarak fisik
    Kemungkinan transmisi pada jarak kurang dari 1 meter adalah 12,8 persen. Potensi ini turun menjadi 2,6 persen pada jarak lebih dari 1 meter. Sementara, pada jarak 2 meter bisa disebut lebih aman. Namun, keakuratan hasil temuan ini disebut "moderat".

  • Masker wajah
    Peluang penularan tanpa masker wajah atau respirator (seperti masker N95) adalah 17,4 persen. Peluang itu turun menjadi 3,1 persen saat masker digunakan. Keakuratan hasil temuan ini disebut "rendah".

  • Pelindung mata
    Peluang penularan tanpa pelindung mata adalah 16 persen, kemungkinan tersebut turun menjadi 5,5 persen dengan pemakaian pelindung mata seperti kacamata. Namun, keakuratan hasil temuan ini disebut "rendah."

Para peneliti mengamati 172 studi observasional di 16 negara dan enam benua, termasuk studi dalam perawatan kesehatan dan penataan masyarakat.

Mereka tidak menggunakan metode uji coba terkontrol secara acak karena hampir mustahil diterapkan untuk mempelajari penularan infeksi pada setiap orang.

Para peneliti di universitas di seluruh dunia menganalisis studi dari wabah Covid-19, virus SARS dan (MERS), yang berasal dari keluarga virus yang sama.

Sebagian besar negara di seluruh dunia telah meregulasikan langkah-langkah sederhana yang telah disebut sebelumnya untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.