Paus Fransiskus Sebut Tidak Ada Toleransi untuk Tindakan Rasialisme

Kompas.com - 03/06/2020, 21:30 WIB
Paus Fransiskus memimpin Misa Penjagaan Paskah di Basilika Santo Petrus tanpa partisipasi publik karena merebaknya virus corona. Foto diambil di Vatikan pada 11 April 2020. VATICAN MEDIA via REUTERSPaus Fransiskus memimpin Misa Penjagaan Paskah di Basilika Santo Petrus tanpa partisipasi publik karena merebaknya virus corona. Foto diambil di Vatikan pada 11 April 2020.

KOMPAS.com - Kematian George Floyd di Minnesota menggegerkan dunia internasional karena dibalut isu yang begitu sensitif, yaitu rasialisme.

Floyd yang merupakan seorang pria berkulit hitam meninggal akibat ditekan menggunakan lutut selama sekian menit waktu oleh petugas kepolisian yang berkulit putih bernama Derek Chauvin.

Peristiwa yang terjadi pada 25 Mei lalu ini kemudian memicu amarah masyarakat global, khususnya warga Amerika yang tengah berupaya menghapus rasialisme dari budaya mereka.

Beragam aksi demonstrasi pun terus terjadi hingga hari ini di berbagai wilayah di Negara Adidaya itu.

Baca juga: Ini Cerita WNI di AS Saat Kerusuhan Demo Protes atas Kematian George Floyd

Seruan Paus Fransiskus

Melihat peristiwa yang terjadi tersebut, Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus memberikan komentarnya pada hari ini, Rabu (3/6/2020).

Dia mengatakan kita semua tidak bisa menoleransi atau menutup mata terhadap rasialisme yang terjadi.

"Kepada saudara-saudariku di Amerika Serikat, saya telah menyaksikan dengan seksama kerusuhan sosial yang menggelisahkan di negara kalian beberapa hari lalu, kematian tragis George Floyd," kata Paus dalam ibadah Angelus mingguan di Vatikan.

Paus mengutuk keras, setiap tindak rasialisme dan pembedaan yang dilakukan dalam berbagai bentuk dan harus membela kesucian tiap kehidupan manusia.

Tak lupa, Paus juga menyinggung soal kerusuhan yang mengikuti peristiwa naas sebelumnya.

Menurut dia kekacauan yang terjadi saat ini justru semakin menambah keruh suasana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X