Banyak yang Mulai Melirik Sepeda, Transportasi Aman Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 03/06/2020, 16:35 WIB
ilustrasi bersepeda Stewart Cohenilustrasi bersepeda

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, masyarakat dunia memang diimbau untuk sebisa mungkin menghindari menggunakan trasnportasi umum.

Dalam transportasi umum seperti kereta, bus, kapal laut, atau pesawat terbang, seseorang akan bertemu dengan banyak penumpang dan tidak saling mengetahui latar belakang masing-masing.

Apakah mereka menjalankan protokol kesehatan Covid-19, apakah mereka tidak memiliki kontak dengan penderita Covid-19, apakah mereka dalam kondisi yang bebas dari virus?

Baca juga: Letusan Gunung di Indonesia Ini Ilhami Penemuan Sepeda 200 Tahun Lalu

Belum lagi dengan fasilitas tempat duduk, toilet, dan segala yang ada di dalam moda transportasi umum itu yang dipakai secara bergantian antar penumpang satu dan lainnya.

Tidak ada yang mengetahui dengan persis apakah kita bisa aman dari penularan virus apabila berada di transportasi umum tersebut.

Melihat kondisi saat ini, dunia mulai memikirkan alternatif transportasi yang aman untuk digunakan oleh masyarakat, apabila masa pandemi ini masih berlangsung lama.

Beralih ke sepeda

Dikutip dari Euronews, Rabu (3/6/2020), masyarakat Eropa mulai banyak yang beralih menggunakan sepeda untuk akomodasi transportasi sehari-hari.

Menggunakan sepeda dapat menghindarkan mereka dari ramainya transportasi publik selama pandemi ini belum berakhir.

Masyarakat yang belum memiliki sepeda pun banyak yang berbondong-bondong ke toko sepeda untuk membelinya.

Salah satu pemilik toko sepeda mengaku permintaan sepeda saat ini setiap minggunya bisa mencapai 15 unit per minggunya, padahal sebelum Covid-19 merebak rata-rata penjualan hanya 5 unit sepeda per minggu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X