Manfaat Meditasi

Kompas.com - 03/06/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Saat mengalami kecemasan dan stres, meditasi jadi salah satu cara mudah untuk mengatasinya.

Meditasi adalah latihan untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks.

Jenis latihan ini bisa dilakukan di mana saja, tanpa perlu alat khusus. Kuncinya hanya satu, yaitu suasana yang tenang.

Meditasi bukanlah usaha yang berfokus pada hasil karena terlalu banyak memfokuskan pada hasil dapat memicu kecemasan yang merusak manfaat meditasi.

Pelaku meditasi biasanya mampu merasakan manfaat meditasi usai berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun rutin mempraktikannya.

Di sisi lain, banyak riset menunjukan meditasi bisa memberi manfaat instan.

Selama proses meditasi, kita akan merasakan pengurangan stres, jiwa menjadi lebih tenang dan mudah menerima. Seiring waktu, sensasi ini bisa berlanjut meski kita tak melakukan meditasi.

Baca juga: Tips Cepat Tidur bagi Insomnia dengan Meditasi

Manfaat meditasi

Saat dilakukan secara teratur, meditasi dapat meningkatkan mood, menghilangkan stress, mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Tidur dapat menjadi sulit bagi banyak orang. Stres dan pikiran yang terlalu aktif seringkali dapat menghalangi kualitas tidur yang baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X