Kasus Corona Terkendali, Sejumlah Negara Membuka Kembali Rumah Ibadah

Kompas.com - 01/06/2020, 20:40 WIB
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. dailytimes.com.pkMasjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

KOMPAS.com - Sejumlah negara kini mulai melonggarkan penguncian setelah berperang melawan virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 200 negara dengan total infeksi mencapai 6,1 juta kasus.

Beberapa fasilitas umum mulai dibuka kembali untuk publik dengan protokol kesehatan yang ketat, tidak terkecuali tempat ibadah.

Berikut daftar negara yang telah membuka kembali rumah ibadahnya setelah penguncian:

Arab Saudi

Dikutip dari Middle East Eye (31/5/2020), Arab Saudi telah membuka kembali sekitar 90.000 masjid pada Minggu setelah lebih dari dua bulan ditutup akibat virus corona, termasuk masjid Nabawi di Madinah.

Disebutkan bahwa Kementerian Urusan Islam telah selesai melakukan pembersihan dan sterilisasi masjid di seluruh wilayah, sejalan dengan upaya pemerintah dalam merawat serta mempersiapkan masjid untuk mencegah penyebaran infeksi.

Baca juga: Arab Saudi Mulai Buka Masjid Nabawi, Berikut Sejumlah Aturan Barunya

Langkah-langkah yang telah diberlakukan oleh kementerian termasuk di antaranya adalah jarak sosial dua meter, mengenakan masker, dan membatasi pembukaan masjid hingga 15 menit sebelum shalat dan 10 menit setelah berakhir.

Lansia, anak-anak di bawah 15 tahun, dan orang dengan penyakit kronis tidak diizinkan untuk memasuki masjid.

Warga juga diharuskan mengambil air wudhu di rumah masing-masing karena masjid menutup fasilitas untuk itu.

Sementara iti, masjid Nabawi di Madinah dibuka kembali dengan prosedur kebersihan yang ketat dan hanya mengizinkan 40 persen dari kapasitasnya untuk shalat subuh.

Palestina

Ribuan warga Palestina memasuki masjid al-Aqsa pada Minggu (31/5/2020), ketika dibuka kembali setelah penutupan lebih dari dua bulan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X