[HOAKS] Foto Viral Disebut Peristiwa Longsor di Tol Ungaran

Kompas.com - 01/06/2020, 19:07 WIB
Beredar foto peristiwa longsor di jalan tol yang diklaim foto longsor di Tol Semarang-Solo. Jasa Marga memastikan, foto ini bukan foto longsor di Tol Ungaran. TwitterBeredar foto peristiwa longsor di jalan tol yang diklaim foto longsor di Tol Semarang-Solo. Jasa Marga memastikan, foto ini bukan foto longsor di Tol Ungaran.
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Pada Minggu (31/5/2020) hingga Senin (1/6/2020) pagi beredar sebuah foto di media sosial memperlihatkan sebuah jalan tol 4 ruas tertimbun longsoran tanah.

Narasi yang mengikuti foto itu menyebutkan bahwa yang terlihat pada foto itu adalah longsor yang terjadi di jalan tol Ungaran, Jawa Tengah.

Pihak Jasa Marga membantah foto tersebut menggambarkan kondisi longsor di tol Ungaran, meski memang benar telah terjadi longsor di salah satu ruas jalan tol Semarang-Solo.

Jasa Marga menyebut foto itu hoaks.

Narasi yang beredar

Melalui media sosial, salah satunya Twitter, sejumlah netizen membagikan foto jalan tol yang tertimbun material longsoran tanah.

Longsoran yang disebutkan terjadi di tol Semarang-Solo itu terlihat menimbun dan memutus 4 ruas jalur yang tersedia di sana.

Salah satu akun yang mengunggah informasi itu adalah akun Twitter @utomo_kukuh.

Salah satu unggahan berisi informasi salah terkait longsor tol Solo-SemarangTwitter Salah satu unggahan berisi informasi salah terkait longsor tol Solo-Semarang
Dalam keterangannya, ia menulis longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah sekitar lokasi.

Foto yang sama juga beredar di grup-grup percakapan Whatsapp dengan narasi yang sama.

Klarifikasi Kompas.com

Merespons informasi yang beredar, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan klarifikasi seputar peristiwa tanah longsor yang terjadi di jalan Tol Semarang-Solo.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X