Saturnus dan Jupiter Tampak Dekat Malam Ini, Bagaimana Bedanya dengan Bintang Lain?

Kompas.com - 01/06/2020, 18:20 WIB
Ilustrasi Titan bulan Saturnus saat mengorbit di planet bercincin. Bulan terbesar di tata surya, setelah Ganymede bulan Jupiter. NASA Hubble Space TelescopeIlustrasi Titan bulan Saturnus saat mengorbit di planet bercincin. Bulan terbesar di tata surya, setelah Ganymede bulan Jupiter.

KOMPAS.com – Malam ini Senin (1/6/2020) Fenomena Konjungsi Saturnus dan Jupiter akan terjadi. Fenomena langit tersebut bisa disaksikan langsung apabila kondisi langit tidak berawan. 

“Konjungsi dalam astronomi adalah ketika dua benda langit tampak berdekatan menurut pengamat di bumi,” ujar Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging saat dihubungi Kompas.com Senin (1/6/2020).

Fenomena ini juga disampaikan Pusat Sains Lapan dalam akun resmi Instagramnya @pussainsa_lapan

Mulai 21.30

Nantinya, mendekatnya planet Saturnus dan Jupiter ini dapat diamati sepanjang malam hingga matahari terbit keesokan harinya mulai 1 Juni 2020 pukul 21.30 WIB dari arah timur hingga barat.

“Bisa (dilihat dengan mata telanjang) tapi yang paling menarik tentunya saat Desember 2020 nanti, keduanya akan tampak sangat dekat (great conjunction)” ujar dia.

Baca juga: Minggu Ini Ada Perigee hingga Bulan Purnama Strawberry, Catat Tanggalnya

Lantas bagaimana mengetahui ciri kedua planet tersebut di langit nanti malam dan membedakannya dengan bintang?

Sungging menjelaskan bahwa nantinya Jupiter dan Saturnus akan terlihat cukup terang. Sehingga bisa menjadi pembeda dengan bintang-bintang lainnya. 

“Tampak seperti dua bintang yang cukup terang, kalau pakai peta bintang dapat diketahui kalau itu bukan bintang,” jelasnya.

Saturnus dan Jupiter mendekat dengan jarak sudut pisah sebesar 4,8 derajat pada 1 Juni 2020 dan akan semakin menjauh hingga jarak sudut pisahnya menjadi 6 derajat pada tanggal 30 Juni 2020.

Selain konjungsi Saturnus dan Jupiter bulan ini juga terdapat fenomena astronomi lainnya:

  • 3 Juni : Bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi (Perigee)
  • 4 Juni : Konjungsi Inferior Venus & Merkurius di Elongasi Timur Maksimum
  • 5 Juni : Bulan Memasuki Fase Bulan Purnama
  • 6 Juni : Gerhana Bulan Penumbra & Strawberry Full Moon


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X