Pertama Kali, Wuhan Laporkan Tidak Ada Kasus Baru Tanpa Gejala Covid-19

Kompas.com - 01/06/2020, 18:09 WIB
Sejumlah pasangan dengan mengenakan masker menari di sebuah taman di sebelah Sungai Yangtze, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (12/5/2020). Memasuki enam pekan bebas dari lockdown yang diterapkan akibat pandemi Covid-19 sejak Januari lalu, warga Wuhan kembali beraktivitas walau dalam kondisi terbatas. AFP/HECTOR RETAMALSejumlah pasangan dengan mengenakan masker menari di sebuah taman di sebelah Sungai Yangtze, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (12/5/2020). Memasuki enam pekan bebas dari lockdown yang diterapkan akibat pandemi Covid-19 sejak Januari lalu, warga Wuhan kembali beraktivitas walau dalam kondisi terbatas.

KOMPAS.com - Kota Wuhan di China, tempat di mana kasus virus corona SARS-CoV-2 pertama kali diidentifikasi, melaporkan tidak adanya kasus tanpa gejala untuk pertama kalinya pada Minggu (31/5/2020).

Secara kumulatif, China melaporkan adanya 16 kasus baru pada hari Minggu (31/5/2020), jumlah tertinggi dalam tiga minggu terakhir.

Semua kasus tersebut dilaporkan sebagai kasus impor atau imported case. 

Adapun sebarannya adalah 11 di Provinsi Sichuan, 2 di Inner Mongolia atau Mongolia Dalam, dan 2 di Guangdong.

Laporan Wuhan atas tidak adanya kasus baru tanpa gejala untuk pertama kalinya tersebut terjadi setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 11 juta penduduknya saat kembali muncul sebuah wabah kecil.

Mengutip The Guardian1 Juni 2020, otoritas melaporkan bahwa pihaknya telah memeriksa hingga 1,4 juta orang dalam satu hari.

Minggu lalu, dilaporkan sekitar 9 juta penduduk yang telah diuji selama 10 hari sejak 15 Mei lalu.

Baca juga: Eijkman: Virus Corona di Indonesia Tidak Datang Langsung dari Wuhan

Menurut pemberitaan Xinhua, Senin (1/6/2020), lebih dari 60.000 uji asam nukleat telah dilaksanakan pada Minggu (31/5/2020) dan tidak menunjukkan satu pun kasus tanpa gejala di Wuhan.

Kota ini juga tidak mencatat adanya kasus yang belum dikonfirmasi atau dicurigai.

Sementara itu, secara nasional, Komisi Kesehatan melaporkan 16 kasus tanpa gejala. Tiga di antaranya merupakan transmisi lokal.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X