Sekolah Dibuka Kembali Juli, Berikut Langkah-langkah yang Dibuat Pemerintah Thailand

Kompas.com - 31/05/2020, 13:45 WIB
Seorang anggota staf di Or-ngern School di distrik Sai Mai Bangkok membersihkan ruang belajar siswa sebelum sekolah dibuka pada hari Senin. Partisi plastik tembus telah dipasang di atas meja di kafetaria untuk menjaga jarak siswa satu sama lain. Nutthawat Wicheanbut/Bangkok PostSeorang anggota staf di Or-ngern School di distrik Sai Mai Bangkok membersihkan ruang belajar siswa sebelum sekolah dibuka pada hari Senin. Partisi plastik tembus telah dipasang di atas meja di kafetaria untuk menjaga jarak siswa satu sama lain.

KOMPAS.com - Thailand hanya melaporkan satu kasus virus corona baru pada hari Sabtu (30/5/2020) dan tidak ada kematian baru, menjadikan jumlah total infeksi menjadi 3.077 kasus.

Penularan virus lokal di negara itu tampaknya semakin berkurang. Sejak terdeteksi pada Januari, virus corona hanya menewaskan 57 orang di Thailand.

Dinilai sukses meredam penyebaran Covid-19, Thailand sudah mulai membuka perekonomiannya. Selain itu, sekolah juga mulai akan dibuka.

Baca juga: Sukses Kendalikan Virus Corona, Thailand Mulai Kembali Buka Pariwisata

Pembukaan sekolah

Bagi sekolah yang ingin membuka sebelum 1 Juli akan diperiksa berdasarkan kasus per kasus apakah mereka dapat mematuhi pedoman sanitasi dan kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Apabila memenuhi aturan, mereka mungkin bisa membuka sekolah sebelum 1 Juli, menurut Departemen Pendidikan Thailand.

Dikutip dari Bangkok Post (30/5/2020), Menteri Pendidikan Nataphol Teepsuwan mengatakan sekolah-sekolah nasional wajib mengikuti langkah-langkah kesehatan yang disetujui oleh Pusat Administrasi Situasi Covid-19 (CCSA) untuk melanjutkan kelas pada bulan Juli.

"Kami percaya bahwa, pada bulan Juli, siswa di beberapa daerah akan dapat menghadiri kelas, namun sekolah dan siswa masih harus secara ketat ikuti pedoman kementerianseperti memakai topeng, sering cuci tangan dan harus ada jarak antara siswa," kata menteri.

CCSA tidak akan mengizinkan sekolah untuk dibuka kembali jika yakin mereka tidak dapat membuat kelas aman bagi siswa.

Syarat pembukaan sekolah

Langkah-langkah yang dibuat oleh kementerian kesehatan dan pendidikan, termasuk skrining suhu sebelum memasuki sekolah, pemakaian masker wajah dan memiliki fasilitas cuci tangan yang cukup dengan sabun atau gel alkohol.

Jarak sosial, yang akan membatasi jumlah siswa per kelas menjadi antara 20 dan 25, serta sering membersihkan tempat sekolah juga diperlukan.

Baca juga: Istana Raja Thailand Kembali Dibuka, Terapkan Protokol New Normal

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X