KA Luar Biasa Diperpanjang hingga 7 Juni, Ini Rute dan Syarat Baru Naik Kereta Api

Kompas.com - 31/05/2020, 13:40 WIB
Kereta Api Luar Biasa (KLB) VP Public Relations KAI Joni MartinusKereta Api Luar Biasa (KLB)

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang operasional Kereta Api Luar Biasa ( KLB) u hingga 7 Juni 2020.

Sedianya, KLB yang dioperasikan sejak 12 Mei 2020 akan berakhir pada hari ini, Minggu (31/5/2020). 

“Perpanjangan operasional KLB ini kami tujukan untuk melayani masyarakat yang dikecualikan sesuai dengan aturan pemerintah,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Joni mengatakan, selain itu, keputusan memperpanjang operasional KLB karena masyarakat masih membutuhkan layanan tersebut.

Dengan diperpanjangnya jadwal perjalanan KLB, maka layanan angkutan barang yang dirangkaikan dengan KLB juga tetap tersedia.

Hal ini agar masyarakat semakin mudah untuk mengirimkan barang seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sayur-mayur, sepeda, motor dengan tarif yang menarik.

Perpanjangan operasional KLB diatur dalam Surat Edaran DIrektorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub No UM.006/A.518/DJKA/20 tanggal 29 Mei 2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub No UM.006/A.218/DJKA/20.

Baca juga: Apakah KA Akan Beroperasi Secara Normal? Ini Jawaban KAI

Rute KLB

Joni menjelaskan perjalanan KLB tetap dengan 6 rute setiap harinya, yaitu:

  1. Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Selatan (PP)
  2. Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Utara (PP)
  3. Bandung-Surabaya Pasarturi (PP)

Selain itu, mulai 1 Juni 2020, perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil. Hal ini kebalikan dari kebijakan sebelumnya.

Sementara itu, dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X