Kompas.com - 30/05/2020, 19:30 WIB
Dua alat immunofluoroassay untuk tes Covid-19 yang diberi dari Korea Selatan, Senin (4/5/2020). Dok. Dinkes SamarindaDua alat immunofluoroassay untuk tes Covid-19 yang diberi dari Korea Selatan, Senin (4/5/2020).

KOMPAS.com - Indonesia hingga saat ini terus melakukan pengujian spesimen untuk mengetahui siapa saja yang positif terinfeksi virus corona dan menderita Covid-19.

Berdasarkan data Gugus Tugas Nasional per Jumat (29/5/2020), secara kumulatif total yang diperiksa secara nasional ada 300.545 spesimen dari 205.165 orang.

Dari spesimen yang dites, 25.216 ditemukan positif dan 179.949 dikonfimasi negatif Covid-19.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang menjapai angka 270-an juta jiwa, jumlah uji yang dilakukan ini masih terbilang relatif rendah.

Baca juga: Mengenal Pooling Test, Cara Kerja, dan Apakah Bisa Mendeteksi Corona?

Epidemiolog Dicky Budiman menyebutkan ada satu opsi yang bisa dilakukan di Indonesia untuk mempercepat pelacakan persebaran virus dengan menguji lebih banyak sampel individu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Opsi itu adalah dengan menerapkan strategi pooling test.

"Melihat kondisi secara umum dimana penyebaran pada tingkat komunitas sudah banyak terjadi di wilayah Indonesia, juga melihat jumlah penduduk kita yang relatif besar, strategi selain peningkatan jumlah, kapasitas, dan utilitas dari lab pemeriksanaan Covid-19, saya melihat ada strategi lain, yaitu dengan pooling testing," kata Dicky dalam keterangan video yang diterima Kompas.com, Jumat (29/5/2020).

Apa itu pooling testing

Secara sederhana strategi ini adalah menguji sejumlah sampel dari populasi yang diambil dengan persyaratan tertentu, secara bersamaan.

Jadi, dapat menghemat biaya pengujian dan menjaring lebih banyak sampel untuk diuji secara bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.