Tips Cepat Tidur bagi Insomnia dengan Meditasi

Kompas.com - 30/05/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi meditasi DragonImagesIlustrasi meditasi

KOMPAS.com - Sejumlah orang dewasa pasti pernah mengalami sulit tidur pada malam hari. Dikabarkan, sekitar 35-50 persen orang dewasa di seluruh dunia secara teratur mengalami gejala insomnia.

Bagi banyak orang, kesulitan tidur ini berkaitan dengan stres. Stres dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan, sehingga sulit untuk tertidur.

Dalam beberapa kasus, stres dapat memperburuk permasalahan tidur yang ada. Meditasi pun diklaim dapat membantu tidur lebih baik.

Sebagai teknik relaksasi, meditasi dapat memberikan ketenangan pada pikiran dan tubuh sambil meningkatkan kedamaian batin.

Saat ini dilakukan sebelum tidur, meditasi dapat membantu mengurangi insomnia dan masalah tidur dengan meningkatkan ketenangan secara keseluruhan.

Baca juga: Tak Hanya Redakan Stres, Meditasi Juga Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur 

Bagaimana dapat membantu?

Melansir healthline, saat melakukan meditasi, berbagai perubahan fisiologis terjadi. Perubahan-perubahan ini memulai tidur dengan memengaruhi proses spesifik dalam tubuh.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan 2015, para peneliti menganalisis bagaimana meditasi mindfulness mempengaruhi 49 orang dewasa dengan masalah tidur sedang.

Para peserta secara acak diberikan 6 minggu meditasi. Di akhir penelitian, kelompok meditasi mengalami lebih sedikit gejala insomnia dan lebih sedikit kelelahan di siang hari.

Menurut para peneliti, meditasi kemungkinan membantu dalam beberapa cara.

Baca juga: Aplikasi yang Mempermudah Meditasi

Masalah tidur sering kali berasal dari stres dan kekhawatiran, tetapi meditasi meningkatkan respons relaksasi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X