Kompas.com - 29/05/2020, 19:31 WIB
Anak-anak mencuci tangan di sekolah di Denmark sebelum memulai pelajaran TheNewYorkTimesAnak-anak mencuci tangan di sekolah di Denmark sebelum memulai pelajaran

KOMPAS.com – Denmark mengklaim tak ada dampak peningkatan kasus infeksi virus corona di negara itu setelah sekitar 1,5 bulan kembali membuka sekolah.

Denmark merupakan negara Eropa yang pertama kali membuka sekolah dan penitipan anak setelah menerapkan penguncian.

Awalnya, ketika diputuskan pelonggaran penguncian, para orangtua merasa khawatir bahwa dibukanya kembali sekolah akan membahayakan. 

Denmark mengizinkan anak-anak usia 2 hingga 12 tahun kembali ke sekolah sejak 15 April 2020.

Melansir Reutersberdasarkan data selama lima minggu terakhir, Otoritas Kesehatan menyebutkan, langkah ini tidak memengaruhi penambahan kasus virus corona.

"Anda tidak dapat melihat efek negatif dari pembukaan kembali sekolah," kata Peter Andersen, Dokter Epidemiologi dan Pencegahan Penyakit Menular di Institut Serum Denmark, Kamis (28/5/2020), kepada Reuters.

Andersen mengatakan, jumlah anak-anak yang terinfeksi dengan usia antara 1-19 taahun di negara itu telah menunjukkan penurunan yang signifikan sejak akhir April 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peneliti Denmark Buat Robot untuk Lakukan Tes Covid-19

Melansir data dari Worldometers, Jumat (29/5/2020), kasus infeksi virus corona di Denmark sebanyak 11,512 kasus.

Dari angka itu, sebanyak 568 orang meninggal dunia, dan 10,180 orang sembuh.

Melansir pemberitaan Kompas.com, 16 April 2020, Perdana Menteri Denmark Merre Frederiksen mengatakan, kebijakan pembukaan sekolah saat itu dilakukan atas rekomendasi otoritas kesehatan.

Halaman:
Baca tentang

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.