Lapan Analisis Daerah Rentan dan Sebaran Risiko Covid-19, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 28/05/2020, 15:44 WIB
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan penginderaan jarak jauh untuk melakukan analisa risiko Covid-19. https://covid19.lapan.go.id/Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan penginderaan jarak jauh untuk melakukan analisa risiko Covid-19.

KOMPAS.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) memanfaatkan data penginderaan jauh untuk menganalisis kerentanan dan risiko suatu daerah terhadap Covid-19.

Data penginderaan jauh adalah data yang diperoleh dari satelit yang memotret permukaan bumi.

Data ini kemudian diolah menjadi objek-objek di permukaan bumi.

Untuk mengetahuinya masyarakat dapat mengakses laman Covid-19 Lapan. Laman telah ada sejak April 2020.

“Harapannya laman ini bsa dimanfaatkan pemegang kebijakan untuk menentukan zona ini berisiko ini tidak, bisa dijadikan patokan dalam pencegahan lebih lanjut,” ujar Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. M. Rokhis Khomarudin, M.Si, saat diubungi Kompas.com Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Risiko Penularan Covid-19 dari Berenang Ternyata Rendah

Informasi tersebut juga disampaikan melalui akun Twitter Lapan 

Parameter mengukur kerentanan

Parameter yang digunakan untuk mengukur kerentanan adalah kepadatan penduduk atau permukiman-permukiman, kepadatan akses jalan, dan zona lokasi strategis penyebaran seperti pelabuhan, bandara, rumah sakit dan sebagainya.

"Pada intinya mendeteksi tingkat mobilitas orang misal kepadatan penduduk, kerapatan akses jalan. Jadi berkumpulnya orang di situ sehingga potensi penularan besar, sehingga memiliki kerentanan tinggi pada Covid-19, ini bisa dipetakan," kata dia

Sementara, pengukuran risiko dihitung berdasarkan tingkat kerentanan dikalikan bahaya dan dibagi dengan kapasitas.

“Kerentanan belum jadi risiko kalau belum ada ancaman bahaya,” ujar Rokhis.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X