Hari Ini dalam Sejarah: Boeing 767-300 Jatuh, 223 Orang Tewas

Kompas.com - 26/05/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi Nok Air, maskapai penerbangan Thailand. SHUTTERSTOCK/GOLF_CHALERMCHAIIlustrasi Nok Air, maskapai penerbangan Thailand.

KOMPAS.com - Hari ini, 29 tahun lalu tepatnya 26 Mei 1991, sebuah pesawat jatuh di Hong Kong.

Dilansir SCMP, Jumat (9/6/2017), pesawat itu adalah Lauda Boeing 767-300 dengan nomor penerbangan NG004 yang membawa 223 penumpang dan awak pesawat.

Pesawat itu merupakan pesawat milik perusahaan Austria Lauda-Air dan menjadi operasi charter terbesar di negara tersebut.

Lauda Air dirintis oleh pembalap mobil yang sudah pensiun dari dunia balap, Niki Lauda.

Baca juga: Di Rumah Kami Tidak Ada Idul Fitri, Ayah Ibu Tewas di Kecelakaan Pesawat

Seluruh penumpang dan awak pesawat tewas 

Sementara itu menurut laman History, Kamis (21/5/2020), semua penumpang tewas, yaitu sebanyak 203 penumpnag dan 20 awak pesawat.

Pesawat itu terbang dari Hong Kong menuju ke Wina, Austria. Setelah berhenti sebentar di Bangkok, pesawat melanjutkan perjalanan.

Dilansir New York Times, Senin (27/5/1991), Manajer kantor Lauda Air di Thailand, Prakob na Songkhla mengatakan dari Hong Kong penumpang yang dibawa sebanyak 125 orang. Sedangkan sisanya naik dari Bangkok.

Beberapa penumpang yang tercatat adalah 38 orang berkewarganegaraan Thailand, 34 orang Austria, 7 orang Swiss, 4 orang Jerman, 1 orang Inggris, dan 1 orang Australia.

Adapun pilotnya adalah Thomas Welsh, seorang Amerika yang berbasis di Wina.

Baca juga: Kecelakaan Pesawat Pakistan International Airlines di Karachi, 97 Tewas, 2 Selamat

Penyebab kecelakaan 

Kecelakaan disebabkan karena pembalik dorong pada mesin port yang pada dasarnya menempatkan mesin terbalik, tiba-tiba menyebar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X