Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Indonesia hingga Maladewa

Kompas.com - 25/05/2020, 06:13 WIB
Warga Maladewa menarikan Bodu Beru saat Hari Raya Idul Fitri http://www.maldivesisles.comWarga Maladewa menarikan Bodu Beru saat Hari Raya Idul Fitri

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri menjadi penanda berakhirnya bulan suci Ramadhan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Idul Fitri ditetapkan setelah hilal terlihat dan dapat memiliki sedikit perbedaan di satu negara dengan negara lainnya.

Umumnya, hari raya Idul Fitri dimulai dengan menggelar ibadah berupa shalat bersama saat pagi hari di masjid atau pun ruang terbuka pada pagi hari.

Kemudian, dilanjutkan dengan menyantap hidangan-hidangan khas lebaran ataupun acara lainnya. Berikut adalah berbagai tradisi unik dari perayaan hari raya Idul Fitri di berbagai negara di dunia:

Baca juga: Resep Opor Ayam, Sajian Wajib untuk Hari Raya Lebaran

Indonesia

Di Indonesia, hari raya Idul Fitri juga dikenal sebagai Lebaran, yaitu salah satu hari raya terbesar yang dirayakan di negara ini.

Sebagaimana tradisi muslim di negara lainnya, Idul Fitri di Indonesia dimulai dengan melakukan shalat Ied. Kemudian, dilanjutkan dengan berkumpul dengan keluarga.

Salah satu tradisi yang sangat ikonik saat lebaran adalah mudik, di mana orang-orang yang bekerja di luar kota kembali ke kampung halaman demi merayakan hari raya bersama keluarga.

Tradisi Halal Bihalal juga menjadi tradisi di Indonesia saat dan sesudah lebaran, yaitu saling meminta maaf dengan orang-orang, termasuk teman, kolega, tetangga, dan keluarga.

Baca juga: Para Bankir Kumpul Halal Bi Halal dengan BI dan OJK

Malaysia dan Singapura

Tradisi hari raya Idul Fitri di Malaysia dan Singapura tidak jauh berbeda. Serupa pula dengan Indonesia, Idul Fitri diawali dengan shalat Ied bersama dilanjutkan berkumpul dengan keluarga.

Selain saling bermaaf-maafan, biasanya, mereka juga mendoakan keluarganya yang telah meninggal agar dosa-dosanya diampuni.

Setelah itu, mereka membersihkan makam dari keluarga yang telah meninggal sebagai bentuk penghormatan dan dilanjutkan dengan membaca ayat-ayat Al Quran.

Saat Idul Fitri, umat muslim di Singapura juga melakukan open house dan menyediakan hidangan seperti ketupat, rendang, dan lontong.

Baca juga: Ide Parsel Lebaran Pengganti Silaturahim, Apa Saja?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X