Mengenal Idul Fitri dan Perayaan Hari Raya Kemenangan di Tengah Pandemi Corona...

Kompas.com - 24/05/2020, 14:05 WIB
Warga di Kampung Nelayan Nambangan menunaikan Shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Al Mabrur Nambangan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/6/2019). ANTARA FOTO/MOCH ASIMWarga di Kampung Nelayan Nambangan menunaikan Shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Al Mabrur Nambangan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/6/2019).

KOMPAS.com - Selepas menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, umat Islam di Indonesia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri, yang jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Tahun ini, suasana Idul Fitri tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, akibat wabah virus corona yang menjangkit di sejumlah negara di dunia.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (19/5/2020), hadirnya virus corona membuat sejumlah negara mengambil langkah untuk memutus rantai penyebaran virus yakni dengan penangguhan shalat Idul Fitri di luar ruangan dan beberapa perayaan lainnya.

Meski begitu, tentunya dengan menjalankan protokol peribadatan yang dianjurkan oleh pemerintah, masyarakat dapat melaksanakan Idul Fitri dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Berani Jadi Imam? Berikut Panduan Shalat dan Khotbah Idul Fitri

Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui mengenai Idul Fitri.

Apakah Idul Fitri itu?

Idul Fitri artinya acara puncak perayaan ibadah puasa dan pertanda berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Umumnya, Idul Fitri dirayakan selama tiga hari di beberapa negara yang mayoritas Muslim.

Bagaimana penentuan awal Idul Fitri?

Seperti Ramadhan, Idul Fitri dimulai dengan penampakan bulan sabit (sehari setelah bulan baru), jadi umat Islam harus menunggu sampai malam sebelum Idul Fitri untuk memverifikasi tanggalnya.

Jika bulan sabit tidak terlihat, Ramadhan berlanjut untuk hari lain.

Karena ini adalah fenomena kenampakan bulan, tanggal Idul Fitri berubah setiap tahun pada kalender Gregorian dan bervariasi dari satu negara ke negara lain bergantung pada lokasi geografis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X