Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Idul Fitri dan Perayaan Hari Raya Kemenangan di Tengah Pandemi Corona...

Kompas.com - 24/05/2020, 14:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selepas menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, umat Islam di Indonesia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri, yang jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Tahun ini, suasana Idul Fitri tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, akibat wabah virus corona yang menjangkit di sejumlah negara di dunia.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (19/5/2020), hadirnya virus corona membuat sejumlah negara mengambil langkah untuk memutus rantai penyebaran virus yakni dengan penangguhan shalat Idul Fitri di luar ruangan dan beberapa perayaan lainnya.

Meski begitu, tentunya dengan menjalankan protokol peribadatan yang dianjurkan oleh pemerintah, masyarakat dapat melaksanakan Idul Fitri dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Berani Jadi Imam? Berikut Panduan Shalat dan Khotbah Idul Fitri

Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui mengenai Idul Fitri.

Apakah Idul Fitri itu?

Idul Fitri artinya acara puncak perayaan ibadah puasa dan pertanda berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Umumnya, Idul Fitri dirayakan selama tiga hari di beberapa negara yang mayoritas Muslim.

Bagaimana penentuan awal Idul Fitri?

Seperti Ramadhan, Idul Fitri dimulai dengan penampakan bulan sabit (sehari setelah bulan baru), jadi umat Islam harus menunggu sampai malam sebelum Idul Fitri untuk memverifikasi tanggalnya.

Jika bulan sabit tidak terlihat, Ramadhan berlanjut untuk hari lain.

Karena ini adalah fenomena kenampakan bulan, tanggal Idul Fitri berubah setiap tahun pada kalender Gregorian dan bervariasi dari satu negara ke negara lain bergantung pada lokasi geografis.

Untuk mendeklarasikan awal Idul Fitri, negara-negara mayoritas Muslim bergantung pada kesaksian para pengamat bulan lokal. Otoritas agama setempat kemudian mengumumkan kapan Idul Fitri akan berlangsung.

Baca juga: Syarat Masjid yang Bisa Mengadakan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Corona

Bagaimana umat Islam merayakan Idul Fitri?

Umat Islam di seluruh dunia memulai perayaan Idul Fitri dengan menunaikan ibadah shalat Id yang dilaksanakan di pagi hari diikuti dengan khotbah singkat.

Ibadah tersebut bisa dilakukan di dalam masjid atau di ruang besar, namun shalat Id juga diperbolehkan untuk digelar di tanah lapang atau tempat terbuka guna mengakomodasi jumlah jemaah yang banyak.

Setelah melaksanakan shalat Id, orang-orang akan saling memberi salam dan ucapan selamat.

Selama Idul Fitri berlangsung, kebanyakan orang akan menghabiskan waktu mengunjungi kerabat, tetangga, dan menerima makanan manis saat mereka bergerak dari rumah ke rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com