Video Viral Warga Berebut Masuk Mal, Psikolog: Banyak yang Sudah Sampai Titik Jenuh dan Bosan

Kompas.com - 24/05/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi belanja memakai kantong plastik. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi belanja memakai kantong plastik.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang menampilkan orang-orang tengah berebut masuk mal viral di media sosial pada Jumat Jumat (22/5/2020).

Video itu diunggah oleh akun Twitter Gesya, @cudble.

Unggahannya kini telah diretwit lebih dari 12.000 kali dan telah disukai lebih dari 17.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Menilik Fenomena Masyarakat yang Nekat Ngemal dan Abaikan Protokol Kesehatan...

Baca juga: Viral soal Informasi Suara Dentuman di Bandung, Ini Penjelasan Lapan, BMKG dan PVMBG

Diketahui, viralnya video tersebut lantaran masyarakat Indonesia masih mengabaikan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Berangkat dari kejadian ini, psikolog dari Univeritas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Laelatus Syifa, menyampaikan, mereka yang berebut masuk ke mal tersebut telah merasa jenuh dan bosan berada di rumah.

Ia menjelaskan, rasa jenuh dan bosan tersebut disebabkan oleh lamanya karantina yang telah berjalan selama dua bulan.

"Menurut saya, warga berebut masuk mal karena banyak yang sudah sampai titik jenuh dan bosan berada di rumah, bisa dikatakan kondisi ini sudah berjalan dua bulan, itu waktu yang cukup panjang, ditambah lagi masih tidak jelas kapan kondisi ini akan berakhir," ujar Latus kepada Kompas.com, Sabtu (23/5/2020).

Ia menjelaskan, kebosanan yang dirasakan masyarakat menimbulkan stres. Sebab, semakin bosan, maka akan berdampak semakin stres.

"Orang yang stresnya tinggi lebih berpotensi untuk melanggar aturan yang ada," kata dia.

Baca juga: Viral, Warung Ini Sediakan Pecel Gratis Selama Ramadhan

Pelampiasan kebosanan

Tangkapan layar akun Twitter gesya, @cudble yang mengunggah video viral sejumlah warga berebut memasuki mall di Lebak, Banten.Twitter: @cudble Tangkapan layar akun Twitter gesya, @cudble yang mengunggah video viral sejumlah warga berebut memasuki mall di Lebak, Banten.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X