Tak Pulang Saat Lebaran, Ini Kisah Perawat Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran

Kompas.com - 24/05/2020, 12:18 WIB
Annisa Walidatus Sholihah dan Perawat Wisma Atlet lainnya tengah bersiap-siap sebelum memasuki ruang perawatan di RSD Wisma Atlet Nur Fitriatus ShalihahAnnisa Walidatus Sholihah dan Perawat Wisma Atlet lainnya tengah bersiap-siap sebelum memasuki ruang perawatan di RSD Wisma Atlet

KOMPAS.com - Idul Fitri atau Lebaran tahun ini dirayakan dalam suasana berbeda. Situasi pandemi virus corona membuat perayaan Idul Fitri lebih sederhana dan diminta jauh dari hiruk pikuk serta keramaian.

Biasanya, menjelang Lebaran, masyarakat berbondong-bondong mudik ke kampung halaman. Namun, untuk mencegah penyebaran virus corona, pemerintah mengeluarkan larangan mudik.

Bagi para tenaga medis yang merayakan Lebaran, kali ini harus menghabiskan "hari kemenangan" dengan merawat pasien Covid-19.

Salah satunya perawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Annisa Walidatus Sholihah (26).

Lebaran pertama tak bersama keluarga

Lebaran tahun ini merupakan pertama kalinya dia tidak merayakan Lebaran bersama keluarga.

Annisa telah bertugas di RSD Kemayoran sejak 7 April 2020 dan akan berakhir kontraknya pada 30 Juni 2020.

Annisa memilih untuk mengabdi di RSD Wisma Atlet di tengah masa pandemi ini.

Mudik tak menjadi pilihan karena ia kini berada di zona merah virus corona. Annisa harus menjalani karantina atau isolasi mandiri selama 14 hari dan setelah itu jadi ODP.

"Jadi aku memilih enggak mudik, daripada nanti membahayakan orangtuaku," kata dia kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ketika hendak berangkat ke Jakarta, dia memberi pengertian kepada keluarganya bahwa ia akan berada di Jakarta sampai selesai kontrak, dan kemungkinan untuk pulang tak akan mudah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X