Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Perayaan Idul Fitri di Belahan Dunia Lain Saat Pandemi Corona...

Kompas.com - 23/05/2020, 17:01 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Namun, tahun ini, perayaan mungkin dilakukan dengan cara yang sangat berbeda.

Ada banyak tradisi atau kebiasaan yang tidak dapat dilakukan di tengah pandemi virus corona yang masih berlangsung.

Sejumlah negara pun telah menetapkan fatwa terkait perayaan Idul Fitri untuk menahan penyebaran virus corona.

 

Namun demikian, para umat muslim di dunia tetap berusaha untuk tidak kehilangan makna hari suci yang datang satu tahun sekali seusai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Berani Jadi Imam? Berikut Panduan Shalat dan Khotbah Idul Fitri

Michigan

Idul Fitri di AS akan berbeda tahun ini. Tidak akan ada shalat berjemaah di masjid, makan bersama, karnaval, atapun perayaan saat malamnya.

"Biasanya, kami mengadakan perayaan besar di rumah dengan 400 hingga 500 orang. Namun tahun ini, kami tidak akan mengadakannya" kata Mahmoud Al-Hadidi, seorang dokter dan Ketua Dewan Masyarakat Muslim Michigan, sebagaimana dikutip Al-Jazeera, Sabtu (23/5/2020).

Larangan untuk mengadakan perkumpulan sosial sebagai upaya menahan penyebaran virus corona masih berlangsung setidaknya hingga 28 Mei mendatang.

Namun, keterbatasan ini tidak membuat masyarakat muslim di Michigan kehilangan semangat. Mereka telah menemukan cara untuk merayakan Idul Fitri dengan tetap menjaga jarak fisik.

Pada hari Minggu (24/5/2020) pagi, khotbah Idul Fitri akan disiarkan di televisi lokal dan media sosial. 

Kemudian, mobil-mobil dapat diparkir di luar beberapa masjid untuk menikmati musik dan menerima tas hadiah untuk anak-anak pada acara drive-thru Idul Fitri yang baru pernah diadakan nantinya.

Baca juga: Berikut Tata Cara Shalat Idul Fitri di Rumah Sesuai Edaran Muhammadiyah

Ontario

Masjid-masjid di Ontario berusaha untuk tetap menciptakan suasana perayaan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Sama dengan masjid-masjid di Michigan, di Ontario juga dilakukan pembagian hadiah secara drive-thru. Selain itu, dilakukan doa bersama yang dipimpin secara virtual.

Sebelumnya, masjid di Ontario juga telah menyediakan layanan drive-thru makanan selama Ramadhan. Layanan ini disediakan untuk menggantikan buka bersama yang biasanya diadakan di masjid selama bulan puasa.

Salah satu anggota dewan Masjid Al-Noor di Ontario, Hussein Hamdani mengatakan bahwa jaringan masjid-masjid telah mendiskusikan berbagai cara terbaik untuk merayakan Idul Fitri dengan tetap menerapkan jarak fisik.

Masjid Al-Noor pun memutuskan untuk mengadakan khutbah online dan memberikan petunjuk tata cara shalat Id di rumah kepada para jamaah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com