Survei KPAI: 71 Persen Responden Tak Setuju Sekolah Dibuka Juli

Kompas.com - 23/05/2020, 10:53 WIB
Siswa-siswi SMPN 3 Satu Atap Kaliangkrik Kabupaten Magelang sedang belajar di kelas, Rabu (14/3/2016). Kompas.com/Ika FitrianaSiswa-siswi SMPN 3 Satu Atap Kaliangkrik Kabupaten Magelang sedang belajar di kelas, Rabu (14/3/2016).

KOMPAS.com - Kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah ditutup sejak kurang lebih 2 bulan lalu, karena adanya pandemi Covid-19.

Sebagai gantinya, siswa-siswa diminta untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah dengan bimbingan guru dan orangtua, tanpa dibebani tuntutan kurikulum yang ada.

Namun, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) berencana akan kembali membuka sekolah dan memulai aktivitas belajar-mengajar di kelas per 13 Juli mendatang, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021.

Baca juga: Wacana Pembukaan Sekolah pada Juli Disorot, Diminta Dikaji Ulang

Rencana itu pun disambut dengan respons yang beragam dari berbagai pihak, mengingat kurva kasus infeksi virus corona baru di Indonesia masih terus meningkat, bahkan beberapa hari lalu hampir mencapai 1.000 kasus baru ditemukan dalam sehari.

Untuk itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) berencana akan mengadakan survei dengan menyasar orangtua, guru, dan anak sebagai respondennya untuk mengetahui pandangan masing-masing pihak soal rencana pembukaan kembali sekolah.

Survei itu baru akan dilakukan pada akhir Mei-awal Juni 2020.

Namun, baru-baru ini survei uji coba telah dilakukan oleh Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti melalui akun Facebook pribadinya.

Survey dibuat pada Jumat (22/5/2020) sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Bayi Baru Lahir dari Ibu Positif Corona, CDC: Perlu Dites Covid-19

Setuju/Tidak Sekolah Di buka Pemerintah berencana membuka sekolah kembali pada 13 Juli 2020, tepat dimulainya tahun...

Dikirim oleh Retno Listyarti pada Kamis, 21 Mei 2020

Baca juga: Saat Hong Kong Perpanjang Libur Sekolah akibat Virus Corona...

Hasil survei uji coba

Foto : Thomas Julio Laga (9), sisswa Sekolah Dasar Inpres (SDI) Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT belajar di kebun, Sabtu (2/4/2020).KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS Foto : Thomas Julio Laga (9), sisswa Sekolah Dasar Inpres (SDI) Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT belajar di kebun, Sabtu (2/4/2020).

Kepada Kompas.com, Retno menyampaikan hasil survei uji coba yang dibuatnya setelah 6 jam diunggah dan mendapat 87 respons dari netizen yang merupakan guru, orangtua, dan tenaga kesehatan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X