Ada 100-an Bayi yang Lahir dari Ibu Pasien Covid-19 di RS India, Ini Kondisinya...

Kompas.com - 22/05/2020, 21:30 WIB
ilustrasi bayi Pexelilustrasi bayi

 

KOMPAS.com - Rumah sakit di Mumbai bagian barat, India, sejauh ini telah melahirkan lebih dari 100 bayi dari ibu pasien Covid-19 dengan selamat.

Dari jumlah tersebut, 3 dari mereka yang dilahirkan di RSU Lokmanya Tilak dinyatakan positif terinfeksi virus yang sama dengan sang ibu setelah dilakukan pengujian. Namun, setelah dilakukan perawatan selama 1 bulan, mereka dinyatakan bebas dari penyakit itu.

Kabar kurang menyenangkan lainnya yaitu meninggalnya 2 ibu hamil yang positif Covid-19, bahkan salah satunya meninggal sesaat sebelum janin yang dikandungnya terlahir ke dunia.

Sejauh ini, di India sudah dilaporkan adanya 24.000 kasus infeksi dengan lebih dari 840 kematian.

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 18 Mei: 4,8 Juta Terinfeksi | India Perpanjang Lockdown

Setengah persalinan melalui caesar

Sementara di rumah sakit lain, yakni Sion Hospital, setengah dari total persalinan yang terjadi pada ibu positif Covid-19 di sana dilakukan dengan operasi caesar, dan separuh yang lain dengan jalan normal.

Operasi caesar dilakukan di 3 meja operasi di mana dokter, suster, dan petugas anastesi yang melakukan dan membantu tindakan semuanya mengenakan alat perlindungan diri (APD) lengkap.

Total bayi yang dilahirkan berjumlah 115 bayi, 56 bayi berjenis kelamin laki-laki, dan 59 lainnya perempuan.

Sebanyak 22 dari ibu hamil positif Covid-19 itu merupakan pasien yang dirujuk dari rumah sakit lain ke Sion Hospital. Mereka belum teridentifikasi dari mana mendapatkan virus corona, apakah dari rumah, luar rumah, atau justru ketika ada di rumah sakit.

Sebuah tim yang terdiri dari 65 dokter dan 24 perawat selama ini yang merawat ibu hamil penderita Covid-19 di bangsal khusus.

"Kami beruntung sebagian besar perempuan yang diketahui positif Covid-19 tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sebagian dari mereka demam dan kesulitan bernafas. Kami sudah merawat mereka dan memulangkannya ke rumah sehari setelah melahirkan," kata kepala ginekologi Sion Hospital, dr. Arun Nayak dikutip dari BBC

Baca juga: Rumah Sakit India Bantu Kelahiran 100 Bayi dari Ibu Positif Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X