Persentase Antibodi di Swedia Belum Cukup Ciptakan Herd Immunity

Kompas.com - 22/05/2020, 21:01 WIB
Orang-orang Swedia berolahraga di luar dengan menjaga jarak fisik, di tengah wabah virus corona yang sedang merebak. Foto diambil di Stockholm pada 6 April 2020. TT NEWS AGENCY via REUTERSOrang-orang Swedia berolahraga di luar dengan menjaga jarak fisik, di tengah wabah virus corona yang sedang merebak. Foto diambil di Stockholm pada 6 April 2020.

KOMPAS.com -  Swedia telah mengungkapkan bahwa hanya 7,3 persen orang di Stockholm yang telah memiliki antibodi yang diperlukan untuk melawan penyakit hingga akhir April 2020.

Angka tersebut dikonfirmasi oleh Otoritas Kesehatan Publik Swedia. Melansir CNN, 21 Mei 2020, angka tersebut kira-kira sama dengan negara-negara lain yang memiliki data tersedia.

Persentase ini berada jauh di bawah 70-90 persen, di mana besaran persentase tersebut adalah yang diperlukan untuk menciptakan  herd immunity dalam suatu populasi.

Baca juga: Melihat Swedia dalam Penanganan Kasus Virus Corona

Kepala Ahli Epidemiologi Swedia Anders Tegnell mengatakan, jumlah tersebut "sedikit lebih rendah" dari yang diharapkan.

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Publik Swedia ini bertujuan untuk menentukan herd immunity potensial dalam populasi, berdasarkan 1.118 pengujian yang dilakukan dalam satu minggu.

Jumlah tes yang sama akan dilakukan seetiap 7 hari selama periode 8 minggu. Menurut Juru Bicara Otoritas Kesehatan Publik, hasil dari wilayah lain akan dirilis nanti.

Baca juga: Covid-19 di Swedia, Angka Kematian April Tertinggi dalam Sebulan Sejak 1993

Swedia dan strateginya

Sebelumnya, Swedia diketahui mengadopsi strategi yang berbeda dengan negara-negara lain selama pandemi ini.

Negara ini memilih untuk menghindari penguncian atau lockdown dan tetap membuka sebagian besar sekolah, restoran, salon, dan bar.

Namun, masyarakat tetap diimbau menahan diri untuk melakukan perjalanan dan menekankan tanggung jawab pribadi.

Strategi ini pun dikritik oleh para peneliti Swedia sejak awal. Mereka mengatakan bahwa upaya untuk memiliki herd immunity memiliki dukungan yang rendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X