Kominfo Akan Selidiki Dugaan Kebocoran Data 200 Juta Warga Indonesia dalam DPT Pemilu

Kompas.com - 22/05/2020, 11:29 WIB
Ilustrasi hacker ShutterstockIlustrasi hacker

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, Kementerian Kominfo akan melakukan penyelidikan terkait dugaan bocornya data milik Komisi Pemilihan Umum ( KPU).

Hacker mengklaim, ada 200 juta data warga Indonesia dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diretas dari situs KPU. 

Penyelidikan teknis tersebut dilakukan melalui koordinasi antara KPU, Kementerian Kominfo, dan Badan Siber dan Sandi Negara.

"Saya sudah berbicara dengan Ketua KPU RI Arief Budiman dan akan ditindaklanjuti. Penyelidikan dilakukan untuk menjaga perlindungan data, khususnya data pribadi," kata Johnny saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Johnny mengatakan, dalam melaksanakan Undang-Undang Pemilihan Umum, pemerintah berkewajiban menyerahkan perkiraan data penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih kepada KPU Pusat.

Baca juga: Hacker asal Sleman Raup Rp 31,5 Miliar dengan Meretas Perusahaan di AS

Oleh karena itu, mekanisme pengiriman, pengolahan, penyimpanan, dan pengungkapan data calon pemilih perlu diperhatikan keamanannya.

"Sebagai tindak lanjut Kominfo, KPU bersama BSSN, akan segera melakukan peningkatan keamanan dan menelusuri penyebab kejadian ini," kata Johnny.

Penyelidikan tersebut tak hanya dilakukan secara teknis melalui security system, tetapi juga sangat dibutuhkan payung hukum yang memadai.

Pihaknya berharap agar proses politik terkait pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) di DPR RI dapat segera dilakukan.

"Kami yakin bahwa DPR juga memiliki pandangan yang sama dimana RUU PDP perlu segera diselesaikan," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X