Kelas BPJS Dilebur, Benarkah dalam Waktu Dekat?

Kompas.com - 21/05/2020, 18:29 WIB
Muhammad Qari (39), Warga Desa Meutulang, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat yang ditolak saat berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh lantaran distatus kartu BPJS miliknya telah meninggal dunia, KOMPAS.COM/ RAJA UMARMuhammad Qari (39), Warga Desa Meutulang, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat yang ditolak saat berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh lantaran distatus kartu BPJS miliknya telah meninggal dunia,

KOMPAS.com - Memasuki 2020, wacana mengenai kelas tunggal BPJS mengemuka. Dengan adanya kelas tunggal artinya tidak lagi ada kelas 1, 2, dan 3, tapi ketiganya dilebur jadi satu.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Muttaqien menjelaskan dalam amanah UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Nomor 40 Tahun 2004 pasal 23 ayat (4) menyatakan bahwa dalam hal peserta membutuhkan rawat inap di rumah sakit, maka kelas pelayanan di rumah sakit diberikan berdasarkan kelas standar.

Muttaqien mengatakan, jadi sebenarnya hanya ada satu kelas, yakni kelas standar di JKN, menurut UU SJSN.

"Hal itu untuk memastikan adanya prinsip ekuitas, sehingga memastikan bahwa semua rakyat mendapatkan hak yang sama, tanpa dibedakan kelas ekonomi masyarakat," ujarnya pada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Adapun yang disebut ekuitas adalah seperti penjelasan Pasal 19 ayat (1) di UU SJSN.

Muttaqien menjelaskan ekuitas adalah kesamaan dalam memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan medisnya yang tidak terikat dengan besaran iuran yang telah dibayarnya.

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi, Berikut Cara Turun Kelas...

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X