Berjerawat Saat WFH, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 21/05/2020, 16:52 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Tak banyak beraktivitas di luar ruangan bukan berarti terhindar dari jerawat.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu. Tapi jangan khawatir, jerawat bisa diatasi dengan hal-hal sederhana.

Dokter Spesialis Kulit & Kelamin di Vivaldy Skin Clinic, Mataram dr Dedianto Hidajat, SpKK-FINSDV, menjelaskan jerawat merupakan salah satu kelainan kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti hormon, peradangan, penebalan kulit dan kelebihan produksi kelenjar minyak.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kapan Idealnya Penerapan PSBB Dibuka?

Dedi mengatakan ada 2 kemungkinan kenapa bisa terjadi jerawat saat #stayathome atau juga work from home (WFH).

"Kemungkinan karena ada perubahan pola atau gaya hidup, di mana banyak waktu dihabiskan di rumah, misalnya karena merasa di rumah, jadi kurang memperhatikan kebersihan wajah," kata dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram itu kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Kemungkinan kedua karena faktor psikis, yaitu stres. Terutama bagi yang terbiasa bekerja di luar ruangan. Bagi mereka yang punya jerawat akan kambuh.

Baca juga: Gejala Baru Virus Corona, Muncul Ruam pada Kaki Pasien Positif Covid-19

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X