INFOGRAFIK: Syarat dan Alur Pendaftaran SBMPN Politeknik

Kompas.com - 20/05/2020, 19:15 WIB
Syarat dan alur pendaftaran SBMPN Politeknik
KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoSyarat dan alur pendaftaran SBMPN Politeknik

KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN) tahun 2020 telah dibuka pada Selasa, 19 Mei 2020 dan masih akan berlangsung hingga 25 Mei 2020.

Jalur tes SBMPN merupakan seleksi yang diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh Indonesia.

Tahun ini, SBMPN diikuti sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia. Jalur SBMPN 2020 membuka kuota sekitar 40 persen dari sekitar 46 ribu kursi yang tersedia di politeknik negeri Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com (20/5/2020), Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto berpesan kepada calon mahasiswa untuk memilih program studi nantinya sesuai dengan passion atau renjana.

"Anak muda jangan sekadar cari ijazah. Berani jujur masuk (pendidikan tinggi) karena passion, bukan karena bangga masuk kampus yang sedang tren," kata Wikan. 

"Jadilah profesional yang kompeten dan mencintai pekerjaan. Memilih prodi sebaiknya harus sesuai passion dan visi jelas. Mau jadi apa, bidang pekerjaan apa, pilihlah yang membahagiakan. Jangan hanya ikut teman dan pilihan orangtua" lanjutnya.

Bagi yang ingin mendaftar politeknik, dapat menyimak syarat dan alur pendaftarannya berikut ini: 

 

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Syarat dan alur pendaftaran SBMPN Politeknik

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X