Sekolah Kembali Dibuka di Sejumlah Negara Setelah Kasus Covid-19 Menurun

Kompas.com - 19/05/2020, 16:05 WIB
Anak-anak di Sekolah Distrik Logumkloster di Denmark duduk di meja mereka, terdampar dua meter dari tetangga terdekat mereka. Emile Ducke/NewYorkTimesAnak-anak di Sekolah Distrik Logumkloster di Denmark duduk di meja mereka, terdampar dua meter dari tetangga terdekat mereka.

KOMPAS.com - Meskipun tren penularan virus corona di Indonesia belum menunjukkan penurunan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan tahun ajaran baru sekolah tidak akan diundur.

Rencananya, tahun ajaran baru sekolah akan dimulai pada Juli mendatang. Sekolah-sekolah akan kembali dibuka setelah sebelumnya banyak belajar di rumah. 

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara bahkan telah memulai membuka kembali sekolah setelah dinilai sukses mengendalikan virus corona.

Lantas, bagaimana negara-negara itu kembali membuka sekolah setelah penutupan panjang akibat Covid-19?

Baca juga: Sekolah Dibuka Kembali Juli, Berikut Panduan New Normal Cegah Corona

Physical distancing

Dilansir dari Reuters (13/5/2020), Denmark telah melonggarkan penguncian pada pertengahan April lalu dengan membuka sekolah dan pusat penitipan anak.

Pembukaan itu menimbulkan banyak kekhawatiran akan gelombang kedua kasus infeksi, sehingga banyak orang tua memutuskan untuk tidak mengirim anaknya ke sekolah.

Staf pengajar di Denmark berada di bawah instruksi untuk menjaga jarak sosial di antara anak-anak dengan banyak gedung sekolah yang ditutup.

Di Swiss, anak-anak di La Tour School Jenewa harus beradaptasi dengan ritual baru, yaitu orangtua mengantarnya dari kejauhan.

Jumlah siswa dalam satu kelas pun dikurangi setengah untuk menghindari keramaian dengan meja berjarak dua meter.

Pembatas plastik setiap meja

Di Belanda, sekolah Springplang di kota Den Bosch memasang perisai plastik di sekitar meja siswa dan disinfektan di ambang pintu kelas.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X