Mengapa Banyak Orang Menggunakan Background Rak Buku Saat Telekonferensi?

Kompas.com - 17/05/2020, 08:00 WIB
Rak buku sekaligus penyekat antarruang www.roomandboard.comRak buku sekaligus penyekat antarruang

 

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia selama hampir dua bulan memaksa penghentian mobilitas publik untuk mengurangi potensi infeksi.

Dampaknya, beragam aktivitas pun terpaksa harus dilakukan secara jarak jauh dari rumah masing-masing atau biasa disebut work form home ( WFH).

Kegiatan-kegiatan tatap muka, seperti rapat dan pembelajaran kini mulai berpindah secara virtual melalui apilikasi video telekonferensi.

Jika diamati, sebagian besar di antara mereka menggunakan susunan buku di rak sebagai background atau latar belakang ketika sedang melangsungkan video telekonferensi.

Salah satu warganet bahkan telah mendokumentasikan beberapa tokoh yang sedang melakukan telekonferensi dengan menggunakan latar rak buku.

Baca juga: Facebook Luncurkan Messenger Rooms Saingi Zoom, Bagaimana Cara Penggunaannya?

Ekspresi Identitas

Mengenai hal itu, sosiolog yang fokus pada masyarakat digital Sidiq Hari Madya menyebut penggunaan rak buku dalam video telekonferensi sebagai upaya seseorang untuk mengekspresikan identitas diri.

"Fenomena ini bisa diterjemahkan sebagai upaya mengekspresikan identitas diri yang tidak bisa dilakukan sekadar lewat representasi wajah," kata Sidiq saat dihubungi, Sabtu (16/5/2020).

Menurut Sidiq, foto atau video telekonferensi kadang bisa bercerita lebih banyak dari pada "actor in focus".

Dalam konteks WFH, ruang untuk menampilkan diri ke publik menjadi sangat terbatas, sehingga video telekonferensi menjadi media penting agar tetap bisa tampil ke publik.

Dengan penuh keterbatasannya, kehadiran background bisa digunakan sebagai media ekspresi identitas pendukung.

Baca juga: Jumlah Download Aplikasi Telekonferensi Naik Drastis dalam Sepekan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X