Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjawab Tudingan Virus Corona Tidak Berbahaya dan Teori Senjata Biologis

Kompas.com - 16/05/2020, 20:15 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

KOMPAS.com - Kasus virus corona secara global telah menginfeksi sebanyak 4,6 juta orang di seluruh dunia. Sebanyak 308.984 orang telah meninggal dan 1,7 juta lainnya sembuh.

Virus corona penyebab penyakit Covid-19 yang dilaporkan pertama kali di Wuhan, China ini sudah menyebar hampir di seluruh dunia dalam waktu hampir lima bulan terakhir.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah pihak yang meragukan adanya virus dengan nama SARS-CoV-2 tersebut. Termasuk tudingan bahwa virus corona adalah virus yang biasa saja, hingga adanya konspirasi atau sebuah rekayasa.

Baca juga: Berkaca dari Indira Khalista, Mengapa Masih Banyak Masyarakat yang Ogah Pakai Masker?

Senjata biologi

Bahkan ada yang menyebut bahwa virus corona Covid-19 itu adalah senjata biologis.

Mengenai pendapat-pendapat tersebut, epidemiolog Universitas Giffith Australia Dicky Budiman mengatakan, Covid-19 menurutnya jauh dari tudingan sebagai senjata biologis.

Sebab apabila dilihat hinga saat ini angka kematian akibat virus corona secara global sekitar 5 persen.

Sementara menurut Dicky, apabila memang dikehendaki sebagai senjata biologi tentu masih ada sejumlah virus yang tingkat kematiannya lebih tinggi dibandingkan Covid-19.

Menurut data Asian Development Bank, virus SARS memiliki tingkat kematian lebih tinggi yaitu 10 persen. Sementara yang lebih mematikan lagi ada MERS sekitar 35 persen dan Ebola 50 persen.

"Kalau menurut ilmu global security, Covid-19 tidak efektif dijadikan senjata biologis. Sebab ada virus yang angka kematiannya lebih tinggi bisa di atas 50 persen. Artinya kalau ada dua orang yang terinfeksi salah satunya akan meninggal," kata Dicky dalam kajian bersama KH Abdullah Gymnastiar, Sabtu (15/5/2020).

Baca juga: Dari Senjata Biologis hingga 5G, Ini Teori Konspirasi Sesat tentang Corona

Banyak dijumpai di masyarakat

Kaitanya dengan bahaya virus corona, dokter spesialis bedah umum di RSUD 45 Kuningan dr. Asep Hermana Sp.B mengatakan, ketidakpercayaan terhadap bahaya Covid-19 banyak dijumpai di masyarakat.

Namun hal itu bisa dibantah apabila melihat banyaknya korban meninggal, termasuk sejumlah tenaga medis yang merawat pasien Covid-19.

"Kenyataanya ada, di lapangan kasus dan kematian ada. Bisa lihat di ruang-ruang isolasi juga ada. Tapi sudah dibeberkan data, juga masih ada yang tidak percaya (kalau Covid-19 berbahaya)," tutur Asep.

Sehingga menurut Asep, daripada berdebat tentang hal-hal yang tidak diperlukan, lebih baik fokus diarahkan pada bagaimana menyelesaikan penyebaran virusnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com