Kompas.com - 13/05/2020, 10:38 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian orang mengalami pertumbuhan rambut halus yang tampak pada wajah, terutama di daerah dahi, dekat telinga, maupun di antara dua alis.

Adapun kemunculan rambut halus ini dinilai mengurangi rasa percaya diri terhadap suatu tampilan wajah.

Salah satu warganet melalui akun Twitter SKINCARE-IDN, @skincare_idn mengungkapkan, apakah aman jika mencukur bulu halus di wajah?

"Sebenarnya aman ga si shaving (mencukur) bulu halus dimuka gini?" tulis pengunggah dalam twitnya Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Penularan Virus Corona, Intensitas Menyentuh Wajah, dan Cara Menghentikannya...

Baca juga: Viral Aplikasi Raqib Atid, Ini Penjelasan Pembuatnya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, amankah jika mencukur bulu halus di wajah?

Menanggapi hal itu, dokter spesialis kuli sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dr Dedianto Hidajat, SpKK-FINSDV mengungkapkan, kemunculan bulu halus pada wajah merupakan kondisi yang wajar dan memiliki fungsi tersendiri.

"Pada dasarnya bulu halus di daerah wajah merupakan hal wajar atau fisiologis. Sayangnya, pada beberapa orang, tumbuhnya lebih dari halus, atau menjadi rambut terminal seperti rambut pada alis," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, kemunculan rambut halus pada wajah memiliki fungsi yakni untuk menjaga kelembapan dan filtrasi kuman serta fungsi estetik.

Gangguan hormon

Tak hanya itu, tumbuhnya rambut halus di beberapa tempat di wajah juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

"Untuk rambut halus yang tumbuh di area telinga, biasanya untuk filtrasi debu atau kotoran, rambut halus yang tumbuh di area dahi dan alis juga sama fungsinya, ditambah adanya fungsi estetik," lanjut Founder Vivaldy Skin Clinic ini.

Baca juga: Hukum Mencukur Kumis dan Rambut Kemaluan Saat Bulan Ramadhan, Batalkah Puasanya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X